Mengintip Perbedaan Combro dan Misro Makanan Khas Jawa Barat

Mengintip Perbedaan Combro dan Misro Makanan Khas Jawa Barat

Perbedaan Combro dan Misro -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Combro atau yang juga dikenal dengan sebutan Misro merupakan makanana yang berasal dari Jawa Barat

Combro dan Misro menjadi panganan yang banyak dimninati oleh bebbagai kalangan dari remaja hingga orang tua. Kenikmatan Combro dan Misro mampu memikat lidah siapa saja yang mencicipinya. 

Dua makanan ini tak terpisahkan karena terbuat dari bahan dasar yang sama. Combro dan Misro dibuat dari bahan dasar singkong. 

BACA JUGA:Pisang Goreng Indonesia Hidangan Penutup Terbaik di Dunia, Berikut 5 Jenis Pisang Goreng Khas Indonesia

Meski terbuat dari bahan utama yang sama namun Combro dan Misro memliki perbedaan. Nama combro dan misro ternyata memiliki kepanjangan.

Combro berarti oncom dijero (Bahas Sunda) dan dalam Bahasa Indonesia yaitu oncom di dalam. Sedangkan misro memiliki kepanjangan amis dijero (Bahas Sunda) yang berarti manis di dalam.

Perbedaan antara Comro dan Misro terletak pada isisannnya. Sepeti yang sudah dijelaskan sebelumnya Combro memiliki rasa asin dan misro memiliki rasa manis.

Isian oncom yaitu berupa oncom yanh telah dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang, cabai, dan lain-lain. 

BACA JUGA:Menilik Bumbu Rahasia Bubur Paddas Khas Kalimantan Barat, Ternyata Ini Sumber Gurihnya

Sedangkan misro memiliki rasa yang manis karena didalamnya terdapat potongan gula jawa yang jika digoreng akan mencair.

Cara membuat comro dan misro hampir sama. Bahan dasar membuat comro yaitu singkong yang diparut kemudian dicamput dengan kelapa. 

Setelah itu dibuat adonan dan dibentuk pipih, lalu ditambahkan dengan isian campuran oncom dengan bumbu-bumbu dapur lainnya. Setelah diisi dengan oncom, barulah adonan dibentuk oval dan digoreng didalam minyak panas.

Berbeda dengan comro yang memiliki rasa asin, misro memiliki rasa manis karena isiannya berupa gula merah. Cara membuat adonannya sama dengan comro, namun hanya berdea di isian nya saja. 

BACA JUGA:Menilik Bumbu Rahasia Bubur Paddas Khas Kalimantan Barat, Ternyata Ini Sumber Gurihnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: