Hati-hati! 10 Penyakit Ini Bisa Ditularkan Saat Mencium Bayi

Hati-hati! 10 Penyakit Ini Bisa Ditularkan Saat Mencium Bayi

Satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah jangan biarkan siapapun mencium bayi di mulut atau di dekat mulut, terutama selama 3 bulan awal setelah kelahiran.--

BACA JUGA:Jadi Penerus Starlet! Inilah Sejarah Toyota Yaris di Indonesia

Batuk rejan
Batuk rejan adalah salah satu penyakit paling menular yang bisa menyebar melalui ciuman dari orang yang terinfeksi. Kondisi ini sangat berbahaya untuk bayi dan bisa memicu si kecil dirawat di rumah sakit. Gejala batuk rejan kebanyakan muncul setelah beberapa hari dan minggu. Orang dewasa atau anak yang lebih besar yang terinfeksi bisa tidak menunjukkan tanda batuk rejan. Di waktu seperti ini, bila mereka mencium bayi kecil, bayi terpapar kuman, yang bisa berakibat fatal untuk paru-paru bayi.

Anak yang lebih besar ingin menunjukkan rasa cinta, tapi ini bisa berbahaya. Anak yang lebih besar pulang sekolah dan bermain serta kontak dengan kuman. Paparan kuman bisa membuat sistem kekebalan anak tumbuh. Tapi bayi masih membangun sistem kekebalan tubuhnya. Itu sebabnya anak yang lebih besar bisa mengatasi penyakit tanpa masalah berarti, sedang bayi bisa terancam nyawanya karena kuman yang sama.

BACA JUGA:6.895 Anggota KPPS di Kota Bengkulu Sudah Dibackup BPJS Kesehatan

Penyakit tangan, kaki, dan mulut
Penyakit tangan, kaki, dan mulut biasanya terjadi pada anak. Virus menyebabkan penyakit ini. Luka muncul di seluruh tubuh dan mulut anak. Anak merasa lelah, mengalami sakit tenggorokan, dan rewel. Anak bahkan menderita demam. Anda perlu pastikan orang dewasa atau anak yang terinfeksi tidak kontak dekat dengan bayi atau menciumnya, termasuk mencium tangan kecil bayi. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: