Belanja di Shopee Makin Mudah dengan COD Cek Dulu!

Belanja di Shopee Makin Mudah dengan COD Cek Dulu!

Program COD Cek Dulu --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Program COD Cek Dulu merupakan inisiatif yang ditawarkan oleh Shopee, khususnya melalui layanan SPX Hemat, SPX Sameday (Penjual Dikelola Shopee), atau SPX Standard. 

Tujuan utama dari program ini adalah memberikan kemudahan kepada Pembeli dalam melakukan pengembalian barang di tempat saat menggunakan metode pembayaran Cash on Delivery (COD) Cek Dulu. 

Langkah ini diambil dengan harapan dapat meningkatkan kepercayaan Pembeli serta menarik lebih banyak Pembeli baru.

Sejak tanggal 16 Mei 2023, program COD Cek Dulu telah diberlakukan di seluruh wilayah Indonesia yang memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. 

BACA JUGA:Bayar Tagihan Shopee Paylater Lewat BSI Mobile, Simak Langkah-langkah Praktisnya

Program ini dirancang untuk meningkatkan penjualan toko dengan cara mencapai Pembeli baru agar menggunakan metode pembayaran COD Cek Dulu. 

Penting untuk dicatat bahwa program ini tidak berdampak negatif pada tingkat pengembalian barang. 

Selain itu, Pembeli yang tidak dapat dihubungi, tidak melakukan pembayaran, atau menolak paket hingga 3 kali berturut-turut dalam 30 hari kalender terakhir akan menghadapi pemblokiran dari opsi metode pembayaran COD Cek Dulu.

Proses pemblokiran akan berlangsung selama 60 hari kalender jika Pembeli tidak mengikuti instruksi program COD Cek Dulu, seperti membuka barang tidak sesuai instruksi, tidak mengembalikan semua isi paket dalam satu nomor resi, atau tidak bersedia direkam di depan kurir. 

BACA JUGA:Mau Jadi Eksportir? Ikuti Program Ekspor Shopee

Kerusakan pada bungkus luar, bungkus barang, atau isi paket saat membuka paket juga dapat menyebabkan pemblokiran.

Penjual juga dilindungi dari risiko kehilangan atau kerusakan paket COD Cek Dulu selama pengiriman. 

Dalam hal ini, dapat diajukan klaim COD (Bayar di Tempat) sebesar 10 kali ongkos kirim atau senilai harga barang maksimal Rp1.000.000, tergantung pada nominal terendah melalui formulir Barang Rusak Saat Diterima/Barang Pengembalian Tidak Diterima.

Ada syarat dan ketentuan yang perlu dipahami oleh Pembeli. 

  • Mereka diperbolehkan membuka paket sebelum membayar dan dapat mengembalikannya kepada kurir jika pesanan tidak sesuai dengan deskripsi atau foto produk. 
  • Penting untuk mencatat bahwa Pembeli harus bersedia membuka paket di depan kurir dan direkam tanpa wajah selama melakukan pengecekan barang.
  • Agar dapat mengikuti program COD Cek Dulu, Pembeli juga harus mengembalikan semua produk dalam satu paket, bahkan jika hanya salah satu produk yang tidak sesuai dengan deskripsi. 
  • Apabila Pembeli ingin mengembalikan satu produk saja, mereka dapat mengajukan pengembalian seperti biasa melalui aplikasi Shopee atau situs Shopee pada halaman Rincian Pesanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: