Biar Gak Asal! Hubungan Intim Sebaiknya Seminggu Berapa Kali Sih?

Biar Gak Asal! Hubungan Intim Sebaiknya Seminggu Berapa Kali Sih?

Rutin berhubungan seks akan membuat peredaran darah menjadi lancar dan pembuluh darah pun melebar. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tak bisa dimungkiri kalau seks merupakan salah satu pondasi penting yang menjaga pernikahan tetap awet dan harmonis. Melakukan aktivitas ranjang secara rutin bersama pasangan juga terbukti berdampak positif bagi kondisi fisik dan emosional kita. Dilansir dari Verywell Mind, seks dapat mengurangi stres, meningkatkan imun tubuh, membuat bahagia, hingga menyehatkan jantung. Pertanyaannya, hubungan intim sebaiknya seminggu berapa kali sehari, sih?

BACA JUGA:Menilik Kelebihan Oppo Reno 8 T, Ponsel Canggih dengan Kamera Fotograpi Terbaik

Hubungan intim sebaiknya seminggu berapa kali sehari agaknya juga menjadi pertanyaan yang kerap ada di benak pasutri yang tengah merencanakan kehamilan. Ya, sebab salah satu cara agar cepat hamil adalah memperhatikan frekuensi berhubungan seks, terutama saat masa subur berlangsung.
Hubungan Intim Sebaiknya Seminggu Berapa Kali Sih?

BACA JUGA:Pantas Jadi Orang Terpandang! 5 Shio Paling Ahli Cari Cuan dan , Pintar Manfaatkan Peluang

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di Archive of Sexual Behavior (2017), diketahui bahwa frekuensi hubungan seksual tiap pasangan bisa berbeda tergantung rentang usianya.
Rata-rata orang dewasa: 54 kali per tahun (seminggu sekali)
Dewasa usia 20-an: Sekitar 80 kali dalam setahun
Dewasa usia 60-an: Sekitar 20 kali dalam setahun

Umumnya, frekuensi hubungan intim memang akan menurun seiring bertambahnya usia. Penyebabnya bisa bermacam-macam, misalnya kondisi fisik yang tak seprima dulu, libido menurun, hingga penyakit tertentu. Selain itu, hubungan seks bisa terganggu karena faktor:
Anak
Kondisi ekonomi
Pekerjaan
Kesibukan
Masalah dengan pasangan
Kehamilan
Pascamelahirkan
Stres
Usia

BACA JUGA:Cuaca Tak Menentu, Nelayan di Kota Bengkulu Menganggur

Meski begitu, hasil penelitian di atas semestinya nggak bisa dijadikan patokan baku untuk menjawab pertanyaan soal hubungan intim sebaiknya seminggu berapa kali sehari, sebab kondisi setiap pasangan berbeda. Ada yang bahagia dengan frekuensi seks yang hanya seminggu 3 kali, tapi ada juga yang puas dengan seks seminggu sekali. Dengan kata lain, kehidupan seks dikatakan normal selama kedua belah pihak (suami istri) sama-sama merasa puas di ranjang (NBC News).

Pun hubungan seks bukan hanya soal penetrasi. Masih banyak aspek lain yang tak kalah penting dan justru menjadi kunci menuju keharmonisan rumah tanggamu. Bentuk keintiman fisik lain seperti cuddling, foreplay, seks oral, hingga berbagi fantasi seksual juga berperan besar dalam membangun ikatan emosional dengan pasangan, lho. Dan pada akhirnya, fokusnya bukan lagi soal kuantitas, tapi kualitas.

BACA JUGA:Asal Usul Sate Taichan Ternyata Bukan dari Jepang, Tapi dari Indonesia, Mau Tahu Daerahnya?

Cara Agar Cepat Hamil, Berapa Kali Harus Berhubungan Seks?
Pasangan suami istri yang tengah merencanakan program kehamilan barangkali juga punya pertanyaan yang sama. Cara agar cepat hamil, sebaiknya harus berhubungan intim seberapa sering, sih?

Dilansir dari WebMD, frekuensi berhubungan seks yang dianjurkan bagi pasangan yang sedang mencari cara agar cepat hamil adalah sekitar 2-3 kali seminggu. Pun selama suami mempunyai volume sperma yang normal dan sehat (2-5 ml per ejakulasi), hubungan seksual diperbolehkan sesering mungkin, misalnya setiap hari.

Namun, perlu diingat bahwa cara agar cepat hamil nggak cuma ditentukan oleh frekuensi berhubungan intim. Banyak faktor lain yang menentukan sukses tidaknya pembuahan setelah berhubungan badan, misalnya kondisi hormonal, riwayat penyakit tertentu, gaya hidup, makanan yang dikonsumsi, hingga kondisi psikologis.

BACA JUGA:Asal Usul Sate Taichan Ternyata Bukan dari Jepang, Tapi dari Indonesia, Mau Tahu Daerahnya?

Itulah mengapa pasutri yang tengah merencanakan program hamil dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat seperti:
Olahraga rutin
Konsumsi makanan bergizi, terutama yang mengandung asam folat
Menghindari rokok dan alkohol
Menjauhi stres
Istirahat cukup
Menjaga berat badan ideal
Rutin berhubungan seks, terutama di masa subur

11 Manfaat Berhubungan Intim Secara Rutin
Hubungan intim tentunya menjadi salah satu aktivitas favorit setiap pasangan. Tak sekadar menuntaskan hasrat seksual, ternyata berhubungan seks secara rutin beberapa kali dalam seminggu terbukti punya manfaat yang baik untuk kondisi fisik dan psikologis kita, lho. Penasaran apa saja itu?

BACA JUGA:Bawa Sentuhan Retro Honda Astrea, Motor Bebek Gpx Rock 110 Bikin Nostalgia

1. Menghilangkan Rasa Insecure
Tanpa kita sadari, ternyata berhubungan seks dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri, menghilangkan perasaan insecure, serta memperbaiki cara pandang (self-image) terhadap diri sendiri, lho. Dengan bahasa lain, seks akan menghadirkan persepsi yang lebih positif tentang diri kita sendiri.

2. Menambah Kebahagiaan
Saat berhubungan seks, tubuh melepaskan hormon-hormon yang merangsang timbulnya perasaan relaks dan bahagia. Itulah kenapa berhubungan seks secara rutin akan membuat kita merasa lebih bahagia dan content. Bagi pasutri, ini adalah sinyal positif menuju rumah tangga yang harmonis tentunya.

3. Meningkatkan Ikatan Emosional Pasutri
Hormon endorfin yang dilepaskan otak saat berhubungan seks terbukti dapat mencegah depresi dan mengendalikan emosi yang bergejolak. Selain itu, oksitosin juga akan menciptakan efek tenang, sehingga ikatan emosional antara suami dan istri makin erat.

4. Mengurangi Stres dan Memperbaiki Kualitas Tidur
Jika kamu sering mengalami gangguan tidur, coba agendakan seks dulu dengan pasangan. Selain mengurangi stres, hubungan intim secara rutin ternyata juga bisa memperbaiki kualitas tidur, lho. Saat orgasme, otak akan merilis hormon prolaktin yang dapat membantumu lebih cepat mengantuk dan mendapatkan tidur yang nyenyak.

BACA JUGA:Rambah Pasar Matic Trail, Yamaha Rilis Zuma 125 Motor Petualang yang Irit BBM

5. Tubuh Lebih Bugar
Seks merupakan salah satu bentuk olahraga fisik yang bagus untuk membantu membakar lebih banyak kalori. Gerakan seks diketahui dapat mengencangkan otot perut dan panggul. Bagi wanita sendiri, seks bisa meningkatkan kekuatan otot dan kontrol kandung kemih.

6. Meningkatkan Fungsi Otak
Sering lupa dengan banyak hal akhir-akhir ini? Pssst, mungkin itu disebabkan karena frekuensi hubungan seks yang mulai menurun. Ya, berhubungan intim secara rutin diketahui dapat meningkatkan fungsi otak, mengasah kemampuan kognitif, dan memperbaiki daya ingat, lho.

7. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Manfaat lain dari rutin berhubungan seks setidaknya 2-3 kali seminggu adalah sistem imun tubuh yang meningkat. Seks diketahui dapat meningkatkan level antibodi jenis Immunoglobulin A (IgA) yang efektif melawan beragam penyakit. Jadi kalau tak mau gampang sakit, sering-sering luangkan waktu untuk bercinta di ranjang, yuk!

8. Mengurangi Nyeri
Endorfin yang dilepaskan selama berhubungan seks ternyata nggak cuma menimbulkan rasa tenang. Lebih dari itu, hormon relaks ini terbukti dapat mengurangi nyeri yang dirasakan tubuh, misalnya saat migren atau sakit punggung.

BACA JUGA:Siap Bersaing dengan Honda Genio, Yamaha Luncurkan Motor Matic Janus 125 cc

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: