Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya Agar Nikmat Dikonsumsi

Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya Agar Nikmat Dikonsumsi

Tanaman kumis kucing mengandung berbagai senyawa alami seperti triterpenoid, glikosida, fenolik, sinensetin, eupatorin, flavonoid, tanin, saponin, dan steroid.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Daun kumis kucing merupakan salah satu tanaman hias yang populer di Indonesia. Selain terkenal di Indonesia, kumis kucing juga dapat ditemui di berbagai negara kawasan Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, serta di beberapa wilayah tropis benua Australia.

BACA JUGA:Inilah Ritual Cari Jodoh Paling Aneh dan Unik Di Dunia

Bentuknya yang unik dan cantik dengan benang sari memanjang menyerupai helai-helai kumis kucing ini biasanya berwarna putih atau keunguan. Keindahannya sangat apik sebagai penghias ruangan di rumah atau taman, karena dapat memanjakan mata.

Tidak hanya berfungsi sebagai tanaman hias, kumis kucing juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tanaman kumis kucing yang dikenal dengan nama latin Orthosiphon stamineus juga kerap disebut Cat’s Whiskers atau Java Tea.

BACA JUGA:Begini Cara Jitu Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Apa sih yang menyebabkan tanaman kumis kucing terkenal untuk mengobati berbagai penyakit serta meningkatkan kesehatan ketika dikonsumsi? Ternyata, daun kumis kucing ini mengandung senyawa bioaktif. Khasiat dari senyawa
bioaktif daun kumis kucing tersebut bermanfaat sebagai antioksidan serta antiradang.


14 Manfaat Kumis Kucing yang Harus Kamu Ketahui
Tanaman kumis kucing mengandung berbagai senyawa alami seperti triterpenoid, glikosida, fenolik, sinensetin, eupatorin, flavonoid, tanin, saponin, dan steroid. Lalu, apa saja manfaat senyawa yang terkandung dalam daun kumis kucing tersebut? Berikut ulasannya.

1. Berfungsi Sebagai Penurun Tekanan Darah
Salah satu manfaat kumis kucing adalah khasiatnya untuk menurunkan tekanan darah. Kumis kucing mengandung sinensetin yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, kumis kucing juga membantu tubuh kita untuk membuang kadar natrium yang berlebih melalui urin, karena adanya fungsi diuretik di dalam kumis kucing.

Tekanan dalam pembuluh darah akan menjadi stabil berkat fungsi kumis kucing yang membantu mengeluarkan cairan serta kandungan natrium dari dalam tubuh. Karenanya, kumis kucing sangat bermanfaat sebagai obat herbal bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.

BACA JUGA:MG Bakal Ekspor Mobil Listrik Rakitan Indonesia ke Australia dan ASEAN di Akhir 2024

2. Berfungsi Untuk Mengatasi Gangguan Saat Menstruasi
Kumis kucing juga bermanfaat membantu mengatasi gangguan saat menstruasi. Biasanya, saat datang bulan, perempuan sering mengalami gangguan seperti rasa nyeri hingga pendarahan berlebih. Dengan rutin mengkonsumsi kumis kucing, kadar prostaglandin penyebab nyeri dan pendarahan berlebih akan berkurang, sehingga rasa sakit pun akan hilang. Namun sebaiknya tetap konsultasikan dengan dokter untuk menghindari adanya efek samping.

3. Berfungsi Mencegah Penyakit Jantung
Manfaat lainnya dari kumis kucing yaitu berfungsi meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) serta menurunkan kandungan lemak darah atau yang disebut dengan trigliserida. Efek antidiabetik yang dimiliki oleh kumis kucing dapat peningkatan kadar HDL sekaligus menurunkan kadar lemak darah. Bisa dibilang, kumis kucing ini terbukti ampuh untuk penyakit jantung, seperti serangan jantung maupun penyakit jantung koroner.

BACA JUGA:Inilah Perbedaan APAR pada Mobil Listrik dengan Mobil Biasa, Salah Pilih Bisa Sulit Padamnya

4. Berfungsi Menghambat Pembentukan Asam Urat
Kandungan flavonoid dan fenolik serta asam kafeat yang tinggi dalam kumis kucing bermanfaat sebagai obat untuk mengatasi masalah asam urat. Senyawa-senyawa aktif yang terkandung di dalam tanaman kumis kucing tersebut menghambat pembentukan asam urat. Lebih dari itu, kumis kucing juga dikenal dapat mengoptimalisasi fungsi ginjal serta memperbaiki kerusakan pada ginjal yang disebabkan oleh asam urat.

5. Berfungsi Mengobati Rematik
Kabar gembira bagi penderita rematik! Kumis kucing ini juga terbukti dapat mengobati penyakit rematik lho, khususnya bagi penderita rheumatoid arthritis. Pasalnya, penyakit rematik kebanyakan disebabkan oleh adanya autoimun dalam tubuh yang menimbulkan peradangan. Tanaman kumis kucing yang mengandung senyawa flavonoid serta fenolik yang tinggi bisa mengurangi reaksi autoimun bagi penderita rematik. Lebih jauh, senyawa yang terkandung dalam kumis kucing juga bisa melindungi jaringan lunak dari peradangan akut dan kronis.

BACA JUGA:Blade Battery, Teknologi Baterai Mobil Listrik BYD yang Tahan Dipakai 1,2 Juta KM

6. Berfungsi Sebagai Penurun Kadar Gula dalam Darah
Berikutnya, manfaat kumis kucing yang tidak boleh terlewatkan adalah khasiatnya untuk mengontrol kandungan gula dalam darah. Kumis kucing adalah salah satu jenis tanaman yang  memiliki fungsi antidiabetes. Kumis kucing dapat mengontrol kerja metabolisme karbohidrat, lemak, gula serta asam amino agar seimbang. Manfaat inilah yang berfungsi mengontrol kadar gula dalam darah agar tetap terkendali. Sehingga, kumis kucing bisa menjadi alternatif untuk mengobati serta mencegah penyakit diabetes.

7. Berfungsi Untuk Mengatasi Gangguan Pernapasan
Dilansir dari Health Benefits Times, kumis kucing juga dikenal bermanfaat untuk mengatasi berbagai gangguan pernapasan, seperti batuk dan sesak nafas atau asma. Olahan daun kumis kucing yang dicampur dengan tanaman herbal lain ampuh untuk mengatasi gangguan pernapasan.

8. Berfungsi Mengobati Penyakit Ginjal
Daun atau tanaman kumis kucing yang diolah dalam bentuk jamu maupun teh juga berkhasiat untuk mengobati penyakit ginjal. Hasil uji klinis membuktikan, kumis kucing bermanfaat untuk mengobati penyakit batu ginjal, bahkan bisa menghilangkan batu ginjal berukuran 5 sentimeter. Ramuan kumis kucing pun dapat mengatasi permasalahan ginjal lainnya, seperti penyakit infeksi ginjal kronis dan akut.

BACA JUGA:Misteri Mothman, Serta dan Penampakannya di Lokasi Bencana Nuklir

9. Berfungsi Untuk Melancarkan Proses Detoksifikasi dalam Tubuh
Kandungan dalam kumis kucing yang sudah diolah dapat membantu proses Detoksifikasi tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Pasalnya, kumis kucing memiliki khasiat untuk membuang racun-racun dari dalam tubuh serta menangkal radikal bebas yang nantinya akan dikeluarkan melalui urin.

10. Berfungsi Sebagai Anti Jamur
Manfaat lainnya dari kumis kucing yang menakjubkan yaitu khasiatnya sebagai obat anti jamur. Jika dioleskan ke permukaan kulit yang terkena infeksi jamur, tanaman kumis kucing dapat mencegah serta menghilangkan parasite penyebab jamur.

11. Berfungsi Meredakan Nyeri Otot
Nyeri otot dan persendian bisa menghambat aktivitas sehari-hari. Nah, kumis kucing bisa menjadi salah satu solusi. Kandungan senyawa flavonoid dalam kumis kucing terbukti dapat meredakan nyeri otot dan persendian.

BACA JUGA:Rosalia Lombardo 'Mumi Balita Cantik' Paling Awet dari Sicillia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: