Inilah Cara Memanjakan Diri Sendiri yang Tepat Agar Tetap Waras!

Inilah Cara Memanjakan Diri Sendiri yang Tepat Agar Tetap Waras!

Memanjakan diri sendiri tidak berarti kamu egois. Ini adalah bagian penting dari perawatan diri yang dapat berdampak positif pada kesehatan mental dan kesejahteraanmu secara keseluruhan.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Setiap orang perlu sedikit dimanjakan. Nah, jika tidak ada orang yang memanjakanmu, kamulah yang harus memanjakan diri sendiri. memanjakan diri sendiri tidak berarti kamu egois. Ini menunjukkan bahwa kamu mencintai diri sendiri untuk menghormati kesejahteraan fisik, mental, dan emosionalmu sendiri. Bagaimana cara memanjakan diri sendiri? Berikut 9 cara sederhana memanjakan diri sendiri.

BACA JUGA:Belum Banyak yang Tahu, MPV Toyota Ini Semurah Calya Tapi Mirip Avanza

Cara memanjakan diri sendiri bisa dilakukan di rumah dan juga tanpa biaya, meskipun ada juga materi yang kamu keluarkan.

1. Atur mood untuk perawatan diri yang penuh perhatian
Nyalakan lilin atau nyalakan diffuser minyak esensial untuk memenuhi ruangan dengan aroma menenangkan yang kamu sukai. Mainkan musik dan buat sendiri sepoci teh atau kopi. Sederhana tapi bisa membuat mood jadi bahagia!

2. Perawatan spa di rumah
Spa di klinik kecantikan mahal? Coba masker wajah baru lakukan creambath sendiri. Jika kuku adalah fokusmu, beri dirimu manikur atau pedikur atau keduanya. Melakukan perawatan yang tidak pernah kamu lakukan sebelumnya akan memberimu semacam energi baru untuk lebih mengeksplorasi tubuh dan produk skincare yang kamu gunakan. Jadi jangan ragu untuk mewarnai rambutmu dengan bahan alami, berendam air panas, atau memakai sheet mask.

BACA JUGA:Ini Dia Obat Sakit Gigi yang Aman untuk Ibu Menyusui

3. Habiskan waktu di luar
Kamu mungkin seorang introvert yang lebih memilih di rumah saja daripada keluar. Namun, sesekali menyegarkan pikiran di luar juga perlu, loh. Bermain-main di taman, berjalan-jalan atau piknik. Apa pun yang kamu lakukan, berikan dirimu hadiah berupa udara segar dan sinar matahari.

4. Santap makanan favoritmu
Ada beberapa orang yang menemukan kebahagiaan melalui makanan. Jika kamu termasuk di dalamnya, yuk manjakan diri dengan menyantap makanan favorit kamu.

BACA JUGA:Tips Sehat Menjaga Kesehatan Tulang untuk Mencegah Osteoporosis

5. Berbelanja secara royal
Memiliki barang baru tanpa khawatir tentang saku adalah keinginan semua orang. Hadiahi dirimu dengan barang yang kamu inginkan. Hal terpenting yang harus kamu perhatikan adalah pastikan untuk membeli sesuatu yang sesuai dengan usahamu selama ini.

6. Bermeditasi
Meditasi dan menenangkan pikiran mempunyai banyak manfaat untuk ketenangan batin. Caranya juga simpel dan tak perlu sampai harus keluar rumah untuk menemukan tempat yang sunyi. Coba saja di kamar, matikan semua sumber suara. Kemudian duduk dalam posisi yang nyaman dan bermeditasi sendiri atau dengan app Meditasi selama lima menit atau lebih.

BACA JUGA:Waterboarding, Teknik Penyiksaan Memakai Air yang Menakutkan

7. Beres-beres rumah
Menyingkirkan hal-hal yang tidak bermanfaat adalah terapi tersendiri. Mainkan musik yang memberi energi atau menenangkan dan sortir barang-barang di sekitarmu, satu kategori pada satu waktu. Jangan lupa bersyukur untuk setiap barang yang kamu buang dan kebaikan yang dibawanya untukmu.

8. Santai di rumah saja
Meringkuklah dengan buku dan minuman favorit setidaknya selama satu jam penuh untuk membaca secara imersif. Atau bersantai sambil mendengarkan buku audio atau podcast favorit dengan mata tertutup. Luangkan waktu sejenak sesudahnya untuk menuliskan pemikiranmu.

9. Tidur siang
Sebagian besar dari kita tidak cukup tidur di malam hari. Untuk saat ini, temukan tempat yang tenang dan nyaman, jauhkan dari sinar matahari, dan cobalah tidur.

BACA JUGA:Toyota HiAce Premio, Mobil Komersial Mewah, Simak 5 Keunggulannya

Pentingnya memanjakan diri sendiri
Sepertinya di zaman modern ini, kita dituntut untuk melakukan banyak hal. Dapat kerja sebelum umur sekian, menikah di umur sekian, punya tabungan minimal 10 juta, dan banyak lainnya. Akibatnya, kita cenderung mendorong tubuh melakukan hal yang maksimal tanpa memberi waktu istirahat.

Padahal, tubuh kita juga membutuhkan istirahat dengan memanjakan diri sendiri. Memanjakan diri sendiri tidak berarti kamu egois. Ini adalah bagian penting dari perawatan diri yang dapat berdampak positif pada kesehatan mental dan kesejahteraanmu secara keseluruhan.

BACA JUGA:Ini Dia 9 Manfaat Centella Asiatica untuk Kulit Wanita

Meluangkan waktu untuk memanjakan diri sendiri dapat mengurangi stres, meningkatkan harga diri, meningkatkan suasana hati, meningkatkan kualitas tidur, dan memberimu waktu untuk refleksi diri. Dengan memasukkan aktivitas memanjakan ke dalam rutinitas, kamu dapat menciptakan keseimbangan yang sehat antara bekerja dan bersantai. Ingat, perawatan diri bukanlah kemewahan; itu suatu keharusan.

Merawat diri sendiri adalah langkah pertama untuk merawat orang lain dan menjalani kehidupan yang memuaskan. Jadi, entah itu mandi busa, pijat, atau jalan-jalan di taman, pastikan luangkan waktu untuk memanjakan diri dan mengutamakan kesehatan mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: