Menelusuri Sejarah Bika Ambon dan Proses Pembuatannya

Menelusuri Sejarah Bika Ambon dan Proses Pembuatannya

Proses pembuatan Bika Ambon memakan waktu 12 jam-Pinterest -

BENGKULUEKPRESS.COM - Bika Ambon adalah salah satu oleh-oleh khas Medan, Sumatera Utara. Makanan yang satu ini merupakan panganan favorit para wisatawan saat berkunjung ke Provinsi yang terkenal dengan keindahan danauny, yakni Danau Toba.

Sebenarnya Bika Ambon hampir sama dengan bolu pada umumnya. Namun,Bika Ambon memiliki keunikan dari warnanya yang kuning cerah dan teksturnya yang berongga di dalamnya. 

Satu hal yang membedakan Bika Ambon dengan bolu lainnya adalah cita rasanya yang khas. Selain itu, panganan yang satu ini memiliki aroma yang menggoda, membuatnya menjadi hidangan yang sulit untuk dilewatkan.

BACA JUGA:Es Oyen, Kenikmatan Es dari Bahan-bahan Alami yang Beraroma Khas

Jika bicara tentang keberadaannya, Bika ambon memiliki sejarah yang unik, termasuk asal-usul "ambon" di dalam namanya. Penasarankan bagaimana Bika Ambon bisa menjadi makanan yang begitu populer di Sumatera Barat. 

Sejarah Keberadaan Bika Ambon

Sejarah bika ambon melibatkan pengaruh budaya dan peristiwa sejarah yang beragam. Ada beberapa sejarah tentang terciptanya Bika Ambon.

Yang pertama penamaan "Ambon" dalam makanan khas Medan ini menambahkan sentuhan khusus dalam sejarah dan asal-usul hidangan yang lezat ini.

Kata "Bika Ambon" berasal dari kata "bika," yang pada awalnya merujuk pada sejenis kue khas Melayu yang juga disebut "bingka." Bika Ambon kemudian mengalami modifikasi dengan penambahan nira atau tuak enau sebagai pengembang, menciptakan cita rasa yang khas dan tekstur berongga yang membuatnya unik.

BACA JUGA:Se'i, Makanan Khas Suku Mollo Nusa Tenggara Timur

Bika Ambon mulai populer pada tahun 1980, panganan ini terkenal di Jalan Majapahit, kota Medan. Awalnya, hidangan ini sering disantap bersama dengan es krim pada tahun 1970-an, menciptakan kombinasi rasa yang menarik. 

Selain itu, ada sumber yang mengklaim bahwa istilah "bika" dan "bibingka" diperkenalkan oleh orang Portugis. Istilah ini pada mulanya merujuk pada kue yang terbuat dari tepung beras.

Selain berbagai cerita asal-usul yang terkait dengan kata "bika" dan pengaruh Portugis, terdapat beragam versi sejarah lain yang beredar tentang Bika Ambon. 

Salah satunya adalah cerita yang mengaitkan Bika Ambon dengan daerah bernama Amplas yang terbagi menjadi wilayah barat dan timur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: