Cegah Stunting dengan MPASI Kaya Protein Hewani

Cegah Stunting dengan MPASI Kaya Protein Hewani

Pemberian MP ASI yang cukup dengan protein kaya hewani bisa mencegah stunting-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat berusia enam bulan berikan Asi saja tidak cukup pada usia itu bayi perlu makanan pendamping ASI guna memenuhi kebutuhan zat gizi mikro dan makro si kecil.

Dalam menyiapkan MP ASI salah satu kandungan yang tak boleh terlewatkan adalah protein hewani.

Kenapa protein hewani dianggap penting karena protein hewani punya banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak lho.

Protein hewani seperti daging, ikan, telur, ada ayam punya asam amino esensial yang terbukti mampu mencegah terjadinya stunting pada anak.

BACA JUGA:Tidak perlu khawatir, Begini Cara Tepat Mengatasi Anyang-Anyangan

Apa itu MP ASI?

Makanan bergizi yang diberikan kepada bayi mulai usia enam bulan sebagai makanan pendamping ASI guna memenuhi kebutuhan energi dan zat gizi lainnya yang sudah tidak tercukupi oleh ASI.

Manfaat ASI itu sendiri yaitu, I memenuhi kebutuhan zat gizi makro dan gizi mikro pada ASI yang sudah mulai berkurang saat usia enam bulan.

Mencegah terjadinya stunting dengan menekan pada pemberian protein Hewani pada MP ASI. Lalu, melatih dan menstimulasi keterampilan gerakan otot rongga mulut yang berguna untuk fungsi bicara dengan mengenalkan makanan padat pada usia enam sampai sembilan bulan.

BACA JUGA:Hidung Tersumbat! Begini Cara Mengatasi Secara Alami dan Sangat Aman!

Terakhir mengenalkan dan membentuk pola makan yang baik dengan membiasakan konsumsi makanan sehat dan menghindari mengkonsumsi makanan tidak sehat.

Nah, agar manfaatnya maksimal ada 4 syarat yang harus dipenuhi saat akan memberikan MPASI;

1. Tepat Waktu , MP ASI diberikan saat Asi saja sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi yaitu pada usia enam bulan

2. Adekuat, MP ASI mampu penuhi kecukupan energi, protein, zat gizi mikro dengan mempertimbangkan usia jumlah frekuensi, tekstur, dan variasi keberagaman makanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: