Berendam di Air Terjun Jagir, Air Terjun Three In One Andalan Banyuwangi

Berendam di Air Terjun Jagir, Air Terjun Three In One Andalan Banyuwangi

Air Terjun Jagir berada tidak jauh dari pusat kota Banyuwangi-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Air Terjun Jagir merupakan Air Terjun favorit yang ada di Banyuwangi. Air Terjun ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang mempesona. 

Air Terjun Jagir sangat cocok untuk kamu yang ingin mencari suasana sejuk dan asri. Air Terjun Jagir berada tidak jauh dari pusat kota Banyuwangi tepatnya terletak di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Kawasan Air Terkun Jagir ini searah dengan jalan menuju kawah Ijen, jadi wisatawan yang habis naik dari Kawah Ijen, biasanya mampir ke Air Terjun Jagir untuk berendam dan menghilangkan bau belerang.

BACA JUGA:Dibangun Tahun 1660, Istana Kesultanan Tidore di Maluku Utara Sangat Megah dan Sarat Makna

Bagi kamu yang belum tahu, Air Terjun Jagir dulunya banyak ditumbuhi sejenis pohon bernama Jagir, pohon Jagir merupakan salah satu pohon yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. 

Konon, dipercayai oleh masyarakat pohon Jagir hanya bisa tumbuh di Desa Kampung Anyar. Hal inilah yang menjadi cikal bakal penamaan Air Terjun Jagir yang kini sudah banyak dikenal sebagai destinasi wisata favorit di Banyuwangi. 


Air Terjun Jagir berada tidak jauh dari pusat kota Banyuwangi-Pinterest -

Sebenarnya, Air terjun Jagir ini hanyalah air terjun biasa sampai pada akhirnya masyarakat sekitar beserta pemerintah daerah bahu membahu untuk membangun Air terjun Jagir menjadi salah satu tempat wisata andalan Banyuwangi.

BACA JUGA:Air Terjun Nungnung, Destinasi Wisata Simbol Keindahan Alam Bali

Awal mula peresmian Air terjun Jagir terjadi sekitar tahun 2015, pada saat itu kondisi air terjun masih seadanya dan jalan turun menuju air terjun masih undak-undakan tanah.

Air terjun Jagir memiliki dua air terjun, yang pertama air terjun kembar yang berada di tengah-tengah dengan ketinggian sekitar 10 meter. 

Air terjun berikutnya letaknya agak masuk kedalam dan memiliki ketinggian sekitar 30 meter, air terjun ini biasanya digunakan warga untuk pemandian umum dan saluran air minum PDAM.


Air Terjun Jagir berada tidak jauh dari pusat kota Banyuwangi-Pinterest -

Keistimewaan dari Air terjun Jagir dibanding dengan air terjun lainnya di Banyuwangi adalah dalam satu lokasi terdapat tiga air terjun sekaligus, sehingga masyarakat terkadang menjuluki air terjun ini sebagai air terjun three in one, air terjun bersaudara, air terjun kembar, atau air terjun bidadari karena jernihnya air yang mengalir seperti tempat pemandiannya para bidadari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: