Nyaleg DPR RI, Rp 6 Miliar

Nyaleg DPR RI, Rp 6 Miliar

\"Uang_tumpukan_ilustrasi\"BENGKULU,BE- Direktur Lembaga Survei Yout Leader Center (YLC), Salahuddin menuturkan pihaknya memperkirakan  ongkos termurah menjadi calon legislatif (caleg) Pemilu 2014, untuk DPR RI Dapil Bengkulu, Rp 1,5 miliar. \"Tetapi bisa lebih besar lagi,  antara Rp 1,5 miliar hingga Rp 6 miliar,\" katanya.

Menurut Salahudin,  bagi  publik figur merupakan caleg yang paling kecil mengeluarkan dana. Berdasarkan hasil catatannya, seorang publik figur hanya mengeluarkan Rp 200 juta hingga Rp 800 juta sebagai ongkos politik untuk melenggang ke Senayan. \"Ongkos politik untuk publik figur murah, karena mereka tidak membutuhkan dana konsolidasi yang besar. Publik figur,  tidak perlu mendekati masyarakat, karena masyarakatlah yang ingin mendekat,\" katanya.

Dia mengatakan, untuk mendaftar caleg di parpol biasanya memang gratis, tetapi biaya kampanye harus disediakan caleg itu sendiri. Terlebih, sistem proporsional membuat caleg tidak hanya bersaing dengan caleg dari partai lain, tetapi juga dengan caleg-caleg dari satu partai. \"Artinya masing-masing caleg harus memiliki tim tersendiri diluar tim partai, itulah yang membuat ongkos politik mahal, \" katanya.

Tingginya ongkos politik atau  biaya politik tak terlepas dari pengaruh politik transaksional di masyarakat. Biasanya masyarakat akan memberikan dukungan jika mendapat bantuan atau sejumlah permintaannya dituruti oleh caleg tersebut. \"Kalau tidak memberi, sangat kecil kemungkinan caleg akan dilirik pemilih,\" katanya. (100)

\"Untitled\"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: