246 PPK-PPS Segera Dilantik

246 PPK-PPS Segera Dilantik

\"JuniartiBENGKULU, BE - Dalam waktu dekat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu akan melantik 45 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 201 Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Bengkulu.

\"Semua tahapan seleksi telah kita laksanakan dan sudah 246 anggota PPK dan PPS se-Kota Bengkulu. Agar PPK dan PPS ini resmi menjadi penyelenggara Pemilu, maka dalam waktu dekat ini kami akan melantik dan mengambil sumpahnya,\" kata Anggota KPU Kota Divisi Keuangan dan Logistik, Juniarti Boermansyah SAg MHum, kemarin.

Juniarti menjelaskan, 45 PPK tersebut ditempatkan di 9 kecamatan dalam kota Bengkulu, dengan rincian 5 orang setiap kecamatan. Sedangkan 201 PPS akan ditempatkan di 67 kelurahan, masing-masing keluarahan 3 orang PPS. \"Pelantikan PPK dan PPS ini sudah mendesak, mengingat tugas sudah menanti,\" ujarnya.

Setelah dilantik, PPK dan PPS tersebut tidak langsung menjalankan tugasnya, melainkan diberi pembekalan bimbingan teknis terlebih dahulu oleh KPU. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengatahuan kepada PPK dan PPS agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik nantinya.

\"Setelah diberikan pembekalan, PPS segara menjalankan tugasnya yang pertama adalah membentuk Panitia Pemuktahiran Data Pemilih,\" jelasnya.

Selain itu, PPK dan PPS ini juga segara melakukan verifikasi faktual terhadap terhadap data pemilih tersebut. \"Verifikasi faktual ini membutuhkan waktu agak lama, karena DP4 yang diserahkan oleh Pemerintah Kota bersifat umum dan belum disusun berbasis kelurahan atau kecamatan. Sehingga menjadi tugas berat PPK dan PPS untuk memverifikasi data itu,\" tukasnya. (400)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: