Mengenal Sajian Kelicuk Khas Suku Rejang di Bengkulu

Mengenal Sajian Kelicuk Khas Suku Rejang di Bengkulu

Kelicuk merupakan salah satu makanan tradisional Suku Rejang -Akun Instagram @atick_asick-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu makanan tradisional khas Bengkulu adalah Kelicuk. Kelicuk merupakan salah satu makanan tradisional Suku Rejang yang mendiami wilayah Bengkulu dan Sumatera bagian Selatan. 

Pada zaman dahulu makanan ini digunakan untuk jamuan pada acara kegiatan pernikahan atau upacara adat saja.

Namun pada saat ini tradisi ini sudah ditinggalkan sehingga makanan ini sudah mudah untuk ditemukan, misalnya melalui jajanan di pasar. 

Kelicuk sendiri merupakan makanan yang berbahan dasar beras ketan dan pisang yang ditambah sedikit campuran kelapa parut dan gula aren.

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Panjang Es Krim Tip Top, Es Krim Pertama di Yogyakarta

Kelicuk memiliki cita rasa yang sangat khas. Selain menggunakan bahan dasar ketan dan pisang, kelicuk juga menggunakan bahan - bahan lainnya sebagai pelengkap rasanya seperti gula aren dan kelapa parut. 

Kelicuk menjadi makanan khas di sejumlah daerah di Bengkulu, seperti Kaur dan suku Rejang . Penyajiannya Kelicuk cukup beragam yaitu bisa dimakan langsung atau disajikan bersama tapai seperti tapai siwuk. 

Sebenarnya sama-sama terbuat dari ketan, siwuk merupakan nama lainnya. Jadi, sebagian masyarakat lokal menikmati kelicuk dengan ketan yang sudah difermentasi menggunakan ragi, yang disebut tapai siwuk atau tapai ketan.

BACA JUGA:Menelisik Keistimewaan Pali-pali, Makanan Kesultanan Ternate Yang Bernilai Tinggi

Di Provinsi Bengkulu sendiri olahan serupa kelicuk juga terdapat di daerah sekitarnya dengan nama berbeda. Cakuncung, sebutan kelicuk di Kota Manna. Sedangkan di Kota Bengkulu disebut oncong-oncong. 

Selain memiliki cita rasa yang khas kelicuk juga memiliki tekstur yang lembut dan bikin nagih. Aroma panganan yang satu ini juga sangat kha, aroma khas dari daun pisang membuat kelicuk banyak diminati oleh masyarakat Bengkulu 

Proses pembuatan kelicuk tidak membutuhkan waktu yang lama, cukup dengan menyatukan semua jenis bahan yang dibutuhkan kemudian di campur secara merata lalu mengukus adonan bahan makanan selama lima belas menit saja. 

BACA JUGA:Cokelat Sulamina Khas Maluku Utara Primadona Bangsa Eropa

Kelicuk akan menghasilkan aroma dan cita rasa yang sangat khas sehingga dapat meningkatkan selera makan para penikmatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: