Begini Cara Meluruskan Rambut Secara Alami dan Murah

Begini Cara Meluruskan Rambut Secara Alami dan Murah

Ada beberapa perawatan yang disebut bisa meluruskan rambut--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bagi yang punya rambut lurus, pengin sesekali dikeriting, sedangkan yang punya rambut keriting, justru ingin meluruskan rambut.

Memiliki rambut keriting, memang susah-susah gampang, perlu ekstra effort untuk ditata, dan karena rambut keriting mudah kering, maka juga perawatan ekstra.

BACA JUGA:Sedot Anggaran Rp1,7 Triliun, Inilah PLTS Terapung Terbesar se-Asia Tenggara di Jawa Barat!

Nah, agar rambut tetap sehat dan indah, berikut tips untuk merawatnya.
Gunakan sampo dan conditioner khusus untuk rambut keriting. Adapun beberapa kandungan yang baik untuk rambut keriting, misalnya lidah buaya, shea butter, minyak kelapa, panthenol, dst.

Hindari mencuci rambut setiap hari, cukup sekitar tiga hari sekali. Jika    butuh mencuci rambut lebih sering, maka gunakan sampo dengan bahan lembut dan mengandung conditioner.

BACA JUGA:Kawasaki J125, Motor Matic Rasa Ninja, Siap Bersaing dengan NMAX dan PCX

Sebagian pemilik rambut keriting menggunakan conditioner dua kali saat keramas, yaitu sebelum dan sesudah menggunakan sampo. Tidak keramas menggunakan air hangat.

Cobalah menyisir rambut dalam keadaan basah, misalnya saat menggunakan conditioner. Gunakan sisir dengan ‘bergigi’ besar atau wide tooth comb. Sisir ini biasanya berbentuk satu garis.

BACA JUGA:Bukan Pontianak! Daerah di Kalimantan Barat Ini Punya Potensi Tambang Uranium Sebesar 26 ribu Ton

Hindari menggunakan hair dryer, karena panas dari alat tersebut akan merusak rambut. Jika butuhkan menggunakan hair dryer atau pun straightening iron (alat catok), sebaiknya lebih dulu memakai heat protecting spray dan berikan jarak antara rambut dan hair dryer sekitar enam inchi. Jika rambut kering, gunakan hair mask dua kali dalam satu minggu.


Gunakan leave-in conditioner sebelum tidur. Disarankan yang mengandung keratin. Selain leave-in conditioner,  bisa mencoba hair mask, misalnya madu, minyak kelapa atau pisang. Ketiganya bisa membantu melembapkan rambut.

Bisa juga, menggunakan beberapa jenis minyak yang cocok untuk rambut keriting, misalnya grapeseed oil, castor oil, argan oil, jojoba oil, avocado oil, minyak kelapa atau zaitun. Tentu saja, berbeda orang berbeda hasil penggunaannya, ada yang cocok dengan minyak tertentu dan ada pula yang tidak.

BACA JUGA: Hanya Ada di Jepang! Nissan Ariya Nismo, Crossover Bertenaga 430 HP

Cobalah untuk tidur menghadap ke samping. Hindari sering mengikat rambut dalam waktu yang lama. Jangan menggunakan produk yang mengandung sulfat, alkohol, parfum dan kimia berbahaya lainnya. Jangan menggunakan clarifying shampoo (sampo khusus untuk membersihkan sisa bahan kimia pada rambut) lebih dari satu kali dalam seminggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: