Ternyata Harley-Davidson Pernah Membuat Motor Motocross

Ternyata Harley-Davidson Pernah Membuat Motor Motocross

Satu-satunya motor MX yang pernah dijual di dealer adalah Harley-Davidson MX250 tahun 1978.--

Pengadaan komponen untuk motor ini tampaknya merupakan upaya internasional tingkat Motocross of Nations. Pabrik Aermacchi membuat motor ini di Varese, dan juga membuat mesin satu silinder 242,6cc dua langkah yang menjadi tenaganya.

Karburatornya berasal dari Dell'Orto. Pengapiannya berasal dari perusahaan Italia (bukan Jepang, karena kadang-kadang salah label) Dansi. Tuas-tuas yang ditempa berasal dari Tommaselli. Pelek tanpa bahu berasal dari perusahaan Spanyol, Akront. Bodywork berasal dari Harley, dan suspensi Kayaba berasal dari Jepang.

BACA JUGA:Suzuki FXR, Motor Sport yang Sering Dikira Satria F Modifan

Bagaimana Cara Mengendarainya?
Hanya sedikit jurnalis pada saat itu yang diundang untuk mengendarai motor ini. Mereka yang mengendarainya melaporkan bahwa mesinnya memiliki rentang tenaga yang sangat sempit, ditambah dengan torsi yang sangat lamban pada putaran rendah.Putaran menengah sedikit lebih baik, tetapi tetap tidak bagus. Untuk hasil terbaik, kata mereka, Anda harus tetap memacunya atau menghadapi kekecewaan.

Suspensi Kayaba, yang tampaknya dipilih setelah melihat ke belakang dan meniru pekerjaan rumah Suzuki pada RM250, mendapat nilai tinggi. Namun, bobot MX250 yang relatif lebih berat setidaknya 25 pon lebih berat daripada kompetitornya.

BACA JUGA:Tahun Ini, Cadillac V-Series Dikabarkan Bakal Ramaikan Pasar Mobil Listrik

Seperti yang mungkin bisa Anda pahami, suspensi yangbekerja dengan baik pada motor yang lebih ringan mungkin tidak akan bekerja dengan baik pada motor yang lebih berat, dan itulah yang dilaporkan terjadi di sini. Pulp MX menulis, "dengan Harley (MX250), Anda memiliki suspensi sepeda motor trail, yang dikawinkan dengan motor yang hanya dapat digunakan oleh MX pro. Bukan kombinasi yang bagus."

Bagaimana dengan penjualan?
Setelah semuanya selesai, kurang dari 1.000 motor ini dibuat. AMF-Harley mengharuskan dealer untuk menyediakannya dalam inventaris mereka, yang jika dipikir-pikir tampak seperti sebuah langkah yang salah. Dari sudut pandang dealer Harley, mereka ada di sana untuk menjual motor jalan raya Harley, bukan motor trail yang aneh ini.

BACA JUGA:Inilah Rumah Paling Angker di Indonesia! Kisahnya Terkenal Hingga Kini

Berbagai jenis pengendara menyukai apa yang mereka sukai, dan mungkin menyukai berbagai disiplin ilmu, tetapi mengendarai motor jalan raya dan mengendarai MX berbeda.Apakah para pengendara Harley yang sudah ada akan tertarik dengan motor MX yang baru? Mungkin beberapa dari mereka akan tertarik, tapi mungkin tidak cukup untuk membuatnya berharga.

Demikian pula, orang-orang yang tertarik dengan sepeda motor trail mungkin tidak akan memasukkan dealer Harley ke dalam daftar tempat untuk menemukan sepeda motor mereka berikutnya. Karena berbagai alasan, pemosisian ini menghasilkan kebalikan dari kesuksesan penjualan.

Dalam hal balap, Rocket Rex dan sesama pembalap Harley Factory MX, Marty Tripes dan Rich Eierstedt melakukannya dengan cukup baik sebagai tim baru, seperti yang diilustrasikan oleh 999Lazer dalam video ini. Jika diberi waktu dan dukungan untuk mengembangkan motor lebih jauh, mereka mungkin bisa melakukan lebih baik lagi.

BACA JUGA:Cuma Ada 1.888 Unit! Ini Dia Motor

Sayangnya, mereka tidak langsung meraih kemenangan. Kurangnya kesuksesan yang instan di sirkuit balap profesional dan di dealer pada akhirnya menyegel nasib MX250. Motor ini dibuang begitu saja sebagai eksperimen yang gagal hanya dalam waktu satu tahun.

Sedangkan untuk Aermacchi, AMF menjual perusahaannya kepada Gianfranco dan Claudio Castiglioni tidak lama setelah percobaan MX yang gagal ini. Kedua bersaudara ini kemudian mengubah Aermacchi menjadi Cagiva (kependekan dari Castiglioni Giovanni Varese, yang diambil dari nama ayah mereka).

BACA JUGA:Mampu Membunuh Tanpa Menyentuh! Inilah Ilmu Mistis Leluhur Suku Dayak Yang menakutkan

Jalur Aermacchi, Cagiva, MV Agusta (yang saat ini berada di tempat yang sama dengan tempat Cagiva dan Aermacchi pernah berdiri di Schiranna, Varese, Italia) dan Harley-Davidson akan bertemu kembali pada tahun 2000-an, tetapi itu adalah cerita lain untuk hari yang lain. Pada tahun 2023 lalu, tidak jelas berapa banyak MX250 yang masih bertahan.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: