Ternyata Harley-Davidson Pernah Membuat Motor Motocross

Ternyata Harley-Davidson Pernah Membuat Motor Motocross

Satu-satunya motor MX yang pernah dijual di dealer adalah Harley-Davidson MX250 tahun 1978.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Harley-Davidson memiliki banyak arti bagi banyak orang, baik pengendara maupun bukan. Sebagai salah satu merek paling terkenal di dunia, ada citra tertentu tentang sepeda motor yang diproyeksikannya. Meskipun Anda mungkin berpikir tentang Electra Glides, CVO, Sportsters, dan bahkan mungkin V-Rod jika Anda ingin menjadi kontroversial, satu hal yang mungkin tidak langsung terlintas di benak Anda adalah sepeda motorcross.

BACA JUGA: Produsen Mobil Listrik Ini Produksi Microlino ke-1.000 Unit

Namun, untuk beberapa saat di tahun 1970-an, Harley-Davidson sempat terjangkit demam motorcross dan terjun langsung dalam pengembangannya. Hal ini terjadi pada tahun-tahun AMF Harley-Davidson, ketika perusahaan ini masih dimiliki oleh perusahaan Italia, Aermacchi. Jika Anda sudah bisa menebak bahwa Aermacchi yang membuat motor yang dimaksud, silakan ambil kue bar dan perisai sebagai hadiah.

Agar lebih akurat, Harley-Davidson sebenarnya membuat dua mesin motorcross, tapi hanya 65 dari versi pertama yang dilaporkan pernah dibuat dengan tangan di Milwaukee. Motor pertama itu tidak pernah benar-benar diproduksi. Satu-satunya motor MX yang pernah dijual di dealer adalah Harley-Davidson MX250 tahun 1978.

BACA JUGA:Lamborghini Revuelto Terjual Habis hingga Akhir 2026

Motor ini dijual di dealer selama sekitar satu tahun penuh sebelum menghilang. Sejak saat itu, motor ini hanya sesekali dibicarakan oleh sejarawan motorcross dan kolektor internasional sebagai sesuatu yang menarik untuk dikoleksi.

Pada tahun 1960, Harley-Davidson membeli 50 persen saham Aermacchi, sebuah perusahaan sepeda motor Italia yang awalnya membuat pesawat amfibi sebelum akhirnya beralih ke pesawat terbang dan akhirnya ke sepeda motor.

Nama ini merupakan kependekan dari "Aeronautica Macchi," atau "Mesin Udara." Pendirinya pada tahun 1912 adalah seorang pria bernama Giulio Macchi. Pada tahun 1965, Harley telah menjadi perusahaan publik. Namun pada tahun 1968, perusahaan ini mengalami kesulitan keuangan karena harus berjuang untuk menghindari persaingan baru dari kebangkitan Empat Besar Jepang.

BACA JUGA: Bugatti Mistral Seharga Rp145 Miliar Akan Menjadi Supercar Langka

Menghadapi tekanan pasar yang serius, sebuah konglomerat besar pada saat itu bernama Bangor Punta Corporation berusaha mengambil alih Perusahaan Motor pada awal Oktober 1968. Namun presiden Harley, William H. Davidson, tidak menyetujuinya, dan mengatakan bahwa perusahaan tersebut tidak dijual. Sebagai gantinya, para eksekutif perusahaan bekerja di belakang layar untuk menemukan solusi mereka sendiri.

Pada Halloween 1968, Motor Company secara resmi mengumumkan kesepakatan untuk diakuisisi oleh American Machine and Foundry, yang lebih dikenal sebagai AMF. Perusahaan ini juga merupakan sebuah konglomerat. Seperti yang dicatat oleh Milwaukee Journal-Sentinel, "Harley tidak berkomentar mengapa mereka memilih AMF sebagai ksatria putihnya."

BACA JUGA:5 Kiat Menjemput Rezeki Berkah dari Aa Gym, Berikut Penjelasannya

Pada tahun 1973, AMF Harley-Davidson mengambil alih 50 persen saham Aermacchi yang tersisa, mengambil alih kepemilikan penuh atas pabrikan sepeda motor Italia tersebut namun tetap mempertahankan pabriknya di Varese, Italia.

Karena Aermacchi terutama membuat sepeda motor berkapasitas kecil untuk pasar domestiknya, AMF Harley-Davidson melihat peluang untuk mengganti nama beberapa sepeda motor ini menjadi Harley, sebagai upaya untuk bersaing dengan beragam sepeda motor Jepang berkapasitas lebih kecil yang sekarang ada di pasaran.

Pendekatan ini tidak berjalan dengan baik pada saat itu, meskipun Anda masih dapat menemukan beberapa Harley Aermacchis di pertemuan sepeda motor klasik di abad ke-21.

BACA JUGA:Itel Launching HP Baru, Itel P55 NFC, dengan RAM 8 GB dan ROM Harganya Cuma Rp 1,3 Juta

Mengapa Membuat Sepeda Motorcross?
Sederhananya, motorcross adalah olahraga yang keren di tahun 1970-an. Tampaknya semua orang melakukannya, mulai dari kekuatan dominan seperti Maico hingga para pemula seperti Suzuki. Dalam konteks tersebut, AMF Harley menginginkan apa yang telah dikejar oleh para produsen sepeda motor selama beberapa dekade: Cinta dari pasar anak muda yang selalu sulit dipahami. Mendukung pengendara masa depan hari ini. Anda sudah paham. Saat itu juga merupakan masa ketika "balapan di hari Minggu, jualan di hari Senin" masih memiliki makna, dan belum diturunkan ke status klise.

BACA JUGA:Dishub Identifikasi Saluran Distributor Bahan Pangan Demi Tekan InflasiMencari bantuan pengembangan dan juga untuk membangun legitimasi sebagai kekuatan yang harus diperhitungkan, Harley mempekerjakan pembalap pro MX legendaris dari California Selatan, Rex Staten. Juga disebut Rocket Rex (mungkin salah satu julukan paling keren yang pernah ada), AMF Harley dan Aermacchi mulai bekerja mengembangkan apa yang pada akhirnya menjadi MX250.

Harley-Davidson MX250 Tahun 1978

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: