Ini Dia Cara Ampuh Menghilangkan Noda Luntur pada Baju Berwarna

Ini Dia Cara Ampuh Menghilangkan Noda Luntur pada Baju Berwarna

Supaya terhindar dari baju luntur, pastikan kamu selalu memisahkan baju sesuai warnanya pas mencuci. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Baru beli baju baru-baru, tapi tiba-tiba warnanya jadi berubah dan timbul bercak-bercak warna lain di sana-sini? Wah, ini sih artinya baju kamu kelunturan. Tapi tenang, ada kok berbagai cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna. Sebelumnya, cek dulu tips untuk menghindari baju luntur di bawah ini, yuk.

BACA JUGA:Pencinta Anabul Merapat! Ini Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Supaya terhindar dari baju luntur, pastikan  kamu selalu memisahkan baju sesuai warnanya pas mencuci. Jangan pernah mencampurkan baju putih atau yang warnanya pastel dengan baju lainnya yang berwarna. Apalagi kalau warnanya terang seperti merah, oranye, kuning, dan lain-lain. Hindari juga mencampurkan baju putih dengan baju warna gelap seperti hitam, coklat tua dan biru tua.


Memang cukup ribet karena kita harus melewati proses cuci dua kali. Satu untuk yang putih dan warna pastel seperti baby blue, baby pink, krem dan lain-lain. Lalu harus mencuci sekali lagi untuk baju lain yang warnanya berbeda. Tapi step ini penting banget dilakukan kalau kamu nggak mau baju-bajumu kelunturan.

BACA JUGA:Ini Dia Rekomendasi Helm Murah Berkualitas untuk Bikers

Cara Menghilangkan Noda Luntur
Lalu bagaimana kalau baju kita sudah terlanjur kena noda luntur? Nggak perlu kuatir, jangan langsung dibuang baju lunturnya. Siapa tahu masih bisa diatasi dengan 10 cara di bawah ini. Yuk, dicoba dulu salah satunya:

1. Rendam dengan Air Panas dan Detergen
Kalau baju  kamu yang luntur itu belum sampai 24 jam kelunturannya, ada cara cepat untuk mengatasinya, lho. Langsung saja siapkan air panas secukupnya lalu campurkan dengan detergen secukupnya. Kamu juga bisa gunakan Vanish Pink Cair Bottle 500 ml – Penghilang Noda Pakaian yang dipasarkan seharga Rp 27 ribuan.

BACA JUGA:6 HP OPPO Harga Dibawah Rp 3 Juta, Simak Selengkapnya

Masukkan baju yang terkena noda luntur dan biarkan direndam selama 1 jam. Setelah 1 jam, bilas baju tadi dengan air bersih dingin. Setelah itu, bisa dikeringkan di mesin cuci dan dijemur seperti biasa. Kalau lunturnya belum lama, biasanya masih mudah hilang hanya dengan cara semudah ini.

2. Bersihkan dengan Garam dan Jeruk Nipis
Coba siapkan sepotong jeruk nipis dan garam. Lalu ambil sikat gigi bekas yang dalam keadaan bersih. Atau pilih sikat apa saja yang bulu-bulunya lembut. Ambil campuran gram dan jeruk nipis dan letakkan di bagian baju yang terkena noda. Lalu sikat dengan lembut sampai nodanya hilang. Biarkan sebentar selama 30 menit, baru deh dibilas dan dicuci seperti biasa.

BACA JUGA:6 Doa Penyelamat Dunia dan Akhirat, Amalkan Setiap Hari

3. Gunakan Larutan Baking Soda
Bahan dapur lainnya yang banyak kegunaannya adalah baking soda.  kamu bisa buat larutan baking soda secukupnya, lalu campurkan dengan sedikit deterjen tanpa pemutih. masukkan baju yang luntur tadi ke dalam larutan itu dan biarkan terendam selama 15 – 25 menit. Setelah itu, kucek baju, bilas, dan keringkan.

4. Manfaatkan Belimbing Wuluh
Bahan alami memang jagonya deh untuk urusan membersihkan. Untuk menghilangkan noda luntur di baju berwarna dan warna putih, bisa coba pakai belimbing wuluh. Kalau  kamu kebetulan punya pohonnya di rumah, pas banget nih. Belimbing wuluh rasa dan sifatnya asam, jadi bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda luntur. Caranya gampang banget pula.

Cukup ambil satu buah belimbing wuluh, lalu kamu potong dulu jadi 2. Lalu tinggal gosokkan bagian daging belimbing wuluh ke noda luntur di baju kamu. Setelah dirasa cukup, diamkan dulu selama sekitar 30 menit. Baru deh bajunya dicuci dengan detergen. Ingat ya, jangan dicampur dengan baju yang berpotensi melunturkan lagi. Setelah itu, jemur seperti biasa.

BACA JUGA:Sidang Kasus Dugaan Korupsi Asrama Haji Berlanjut, Jaksa Temukan Fakta Baru

5. Gunakan Cuka Dapur
Lagi-lagi masih pakai bahan dapur. Cuka dapur yang asam bisa digunakan untuk menghilangkan noda luntur. Tapi biasanya cara ini hanya cocok untuk baju warna putih saja. Caranya mudah. Cukup teteskan cuka ci bagian yang luntur. Gunakan sikat gigi yang lembut untuk menyikatnya sedikit saja. Atau cukup dengan dikucek saja. Setelah itu biarkan selama 15 menit, baru dibilas dan dicuci seperti biasa.

6. Larutkan Vetsin dengan Detergen
Di dapur ada vetsin atau bubuk MSG? Ternyata bisa juga dijadikan bahan penghilang noda luntur. Caranya, campurkan vetsin dengan detergen dalam perbandingan 3:2. Lalu larutkan dengan air hangat yang cukup untuk merendam baju tadi. Diamkan selama sekitar 15 – 10 menit, baru kucek-kucek baju dan bilas dengan air bersih yang suhunya dingin. Lalu keringkan dengan mesin cuci dan jemur di bawah sinar matahari sampai kering. Biasanya noda luntur bakal hilang.

BACA JUGA:2 Pemuda di Kota Bengkulu Dibegal, Pelaku 5 Orang, 2 Pelaku Berhasil Ditangkap

7. Gunakan Air Soda
Untuk baju yang sudah kelunturan lebih dari 24 jam, coba deh gunakan air soda. Caranya campurkan air soda dengan air biasa di dalam ember. Lalu masukkan baju yang terkena noda luntur tadi.  kamu harus merendamnya selama paling nggak semalaman. Memang cukup lama, ya. Setelah itu, di pagi harinya baru dibilas dan dicuci seperti biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: