Berkunjung Tirta Empul, Landmark Pulau Bali, Simak Lokasi, Daya Tarik, Sejarah dan Rute Perjalanan

Berkunjung Tirta Empul, Landmark Pulau Bali, Simak Lokasi, Daya Tarik, Sejarah dan Rute Perjalanan

Tirta Empul adalah pura air yang dianggap suci oleh masyarakat Hindu Bali-Pinterest-

BENGKULUEKPRESS.COM - Tirta Empul adalah pura air yang dianggap suci oleh masyarakat Hindu Bali. Pura ini memiliki beberapa mata air suci yang konon diciptakan oleh Dewa Indra dan diyakini sebagai air berkah yang dapat menyucikan orang yang mandi di sana. 

Tirta Empul didedikasikan untuk Wisnu, Dewa air dalam agama Hindu. Dalam bahasa Bali, Tirta Empul yang diterjemahkan secara longgar berarti air yang memancar dari dalam bumi, sehingga Tirta Empul dianggap sebagai mata air suci. 

Pura Tirta Empul mencakup tempat suci Siwa, Wisnu, Brahma, serta satu tempat suci Indra dan Gunung Batur. Ini dianggap sebagai salah satu dari lima pura paling suci di seluruh Bali dan dianggap sebagai salah satu sumber air paling suci di Bali. 

kamu juga bisa menemukan Pura Air Suci lainnya di Bali seperti Pura Ulun Danu di Danau Beratan, Pura Tirta Tawar di Gianyar, Pura Tirta Harum di Bangli, Pura Tirta Taman Mumbul di Badung, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:4 Destinasi Wisata Terbaik di Tahura Djuanda Bandung, Eksplore Wisata Sejarah dan Wisata Alam

Tirta Empul didirikan pada tahun 926 M dan masih aktif digunakan hingga saat ini. Meskipun merupakan tempat ibadah yang sakral bagi penduduk setempat, wisatawan dari seluruh dunia dipersilakan untuk merasakan keindahan dan berpartisipasi dalam ritual penyucian. 

Pada tahun 2017, mantan Presiden AS Barack Obama, Michelle Obama, dan putrinya Malia dan Natasha, menjadikan Tirta Empul sebagai salah satu situs pilihan mereka untuk dikunjungi dan dinikmati.

Jika kamu berencana mengunjungi Tirta Empul, berikut hal-hal yang perlu diketahui lebih jauh tentang pura suci ini:

Lokasi Tirta Empul 

Pura Air Suci Tirta Empul terletak di desa Manukaya, dekat kota Tampaksiring, tidak jauh dari Ubud, di Kabupaten Gianyar, jantung budaya Bali . Candi ini terletak tepat di bawah Istana Kepresidenan Tampaksiring. 

Daya Tarik Tirta Empul 

Daya tarik utama destinasi wisata yang satu ini adalah menjadi salah satu Landamark Pulau Bali dan Tanah  Air. Tirta empul dibangun pada tahun 1957 oleh presiden pertama Indonesia, Soekarno, yang merupakan istana yang dibangun dengan indah.

Tirta Empul memberikan beberapa pemandangan paling menakjubkan yang pernah kamu lihat karena pura keindahan pura ini menyatu dengan istana presiden yang juga mawarkan kesan bangunan yang klasik. 

Selain itu, pura ini menjadi pusat petirtaan atau pemandian, Tirta Empul merupakan kompleks candi yang cukup besar dan dibutuhkan setidaknya 30 menit hingga satu jam untuk menjelajahi keseluruhan situs. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: