Dark Web! Sisi Lain Kawasan yang Menyimpan Dunia Gelap Internet

Dark Web! Sisi Lain Kawasan yang Menyimpan Dunia Gelap Internet

dark web banyak digunakan untuk memperdagangkan hal-hal yang sifatnya ilegal, dark web punya banyak dikunjungi oleh kalangan penjahat serta mereka yang aktif di dunia hitam--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dark web adalah suatu kawasan di internet yang sifatnya tersembunyi dari pengguna internet awam. Karena sifatnya itulah, dark web pun banyak memuat hal-hal yang sifatnya terlarang. Mereka yang mengakses dark web harus bersikap ekstra hati-hati layaknya seseorang yang sedang memasuki hutan penuh hewan buas. Berikut ini adalah hal menakutkan yang patut anda ketahui mengenai sisi terselubung dark web.

BACA JUGA:Rekomendasi 10 Merk Sepatu Lokal Terbaik! Kualitas Bersaing dan Harga Terjangkau

Dark Web Hanya Bisa Diakses Melalui Browser Khusus
Karena Dark Web didesain sebagai kawasan internet yang tidak bisa diakses oleh sembarang orang, Dark Web pun hanya bisa diakses memakai browser khusus. The Onion Router atau biasa disingkat atau TOR adalah salah satu browser yang paling sering digunakan oleh orang-orang yang hendak mengakses Dark Web.

TOR dilengkapi dengan sistem enkripsi khusus seperti yang digunakan oleh jaringan pribadi virtual (VPN). Dalam VPN, seseorang bisa mengakses suatu situs dengan menumpang pada jaringan protokol internet lain.  VPN lazimnya digunakan untuk mengakses situs-situs yang diblokir oleh pemerintah di negara tempat orang tersebut tinggal. Dengan memakai VPN yang beralamat di negara lain, maka situs-situs yang tadinya tidak bisa diakses kini jadi bisa dibuka.

BACA JUGA:Harga Murah dan Super Awet! Ini Dia Pilihan Sepatu Wanita Terbaik dari Merek Lokal

Konsep serupa juga digunakan oleh TOR supaya alamat internet asli milik orang tersebut menjadi sulit dilacak. Dengan begitu, orang yang bersangkutan bisa mengakses dark web tanpa khawatir kalau data-data pribadinya akan bocor ke internet dan kemudian dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Namun sistem enkripsi milik TOR kerap kali dianggap masih belum cukup karena sejumlah hacker menemukan cara untuk menerobos sistem keamanan milik TOR. Oleh karena itulah, mereka yang mengakses dark web kerap menggunakan browser TOR sambil menyalakan VPN.

BACA JUGA:Begini Cara Ampuh Menghilangkan Bau Sepatu yang Tidak Sedap! Bisa Langsung praktik

Dark Web Tidak Sama Dengan Deep Web
Kalangan awam kerap mengira kalau dark web dengan deep web adalah sama. Faktanya adalah dark web sudah pasti termasuk deep web, tapi deep web belum tentu berupa dark web. Deep web adalah sebutan untuk situs apapun yang menggunakan domain .onion sehingga situsnya jadi tidak bisa diakses dengan memakai mesin pencari biasa.

Situs deep web sendiri tidak selalu memuat konten yang ilegal. Namun karena situsnya memuat konten yang sifatnya sensitif, situs itupun kemudian menggunakan domain deep web. Misalnya karena situs tersebut memuat informasi rahasia mengenai pemerintahan diktator atau tokoh-tokoh berpengaruh di dunia nyata.

BACA JUGA:Mata Minus pada Anak Kecil! Kenali Penyebabnya

Atau dalam kasus lain, seseorang mengakses deep web untuk membicarakan hal-hal biasa. Karena privasi dan informasi pribadi yang dimiliki oleh masing-masing orang benar-benar terjaga saat sedang berada dalam deep web, maka mereka pun menggunakan deep web sebagai tempat untuk berdiskusi sebebas-bebasnya. Misalnya karena orang tersebut adalah seorang homoseksual dan negara tempatnya tinggal melarang keberadaan LGBT.

Jika konten yang dimuat oleh deep web adalah konten yang, barulah situs tersebut bisa dikategorikan sebagai dark web. Misalnya situs jual beli benda terlarang, hingga mereka yang mencari atau menawarkan jasa pembunuh profesional.

Ada ribuan situs yang tergolong sebagai dark web. Kendati tidak sedikit situs-situs tersebut yang memang menawarkan jasa atau barang sungguhan, ada pula situs-situs dark web yang bersifat penipuan dan menyisipkan virus komputer berbahaya di dalamnya.

BACA JUGA:Lina Tandri Cs Berikan Bantuan untuk Bayi 22 Bulan yang Alami Jantung Bocor Sejak Lahir

Atau jika orang tersebut sedang apes, orang tersebut menggunakan dark web untuk membeli barang-barang yang dilarang dalam hukum. Tanpa tahu kalau situs tersebut sebenarnya adalah situs yang secara diam-diam dikelola oleh polisi untuk menjebak pelanggar hukum di internet.

Bitcoin Jadi Mata Uang Paling Terkenal di Dark Web
Bitcoin adalah mata uang virtual yang sistem peredarannya tidak terikat oleh bank nasional milik negara manapun di dunia nyata. Selain lewat transaksi, mata uang ini bisa dapat dengan memakai metode khusus yang dikenal sebagai mining.

Karena bitcoin tidak memiliki lembaga terpusat yang mengatur peredarannya, alur peredaran bitcoin pun menjadi sulit dilacak sehingga mata uang ini menjadi pilihan yang menggiurkan bagi mereka yang ingin melakukan transaksi rahasia di dark web.

BACA JUGA:Orangtua Wajib Tahu! Kanker Jenis Ini Rawan Menyerang Anak anak!

Meskipun sulit, bukan berarti jalur peredaran bitcoin tidak bisa ditelusuri sama sekali. Untuk menjaga agar transaksinya benar-benar aman dari penegak hukum, para pelaku transaksi di dark web juga akan menggunakan teknik khusus yang dikenal sebagai mixing, suatu teknik di mana sejumlah rekening virtual atau wallet saling mengirim bitcoin miliknya supaya jalur peredaran uangnya jadi lebih sulit dilacak.  Bitcoin sendiri bukanlah satu-satunya mata uang virtual yang banyak digunakan di dark web. Selain bitcoin, mata uang virtual lain yang juga cukup sering digunakan adalah litecoin dan monero.

Situs Dark Web Ini Menghasilkan Uang Hingga Milyaran Dollar
Sudah disinggung sebelumnya kalau dark web kerap digunakan untuk transaksi benda-benda ilegal semisal narkoba. Dari sekian banyak situs jual beli yang ada di dark web, Silk Road adalah salah satu yang paling terkenal sebelum kemudian ditutup secara paksa oleh FBI pada tahun 2013.

BACA JUGA:Bikin Kulit Cantik dan Tubuh Sehat! Coba Saja Diet Clean Eating

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: