Enak dan Cepat Sembuh, Makanan untuk Sakit Tenggorokan

Enak dan Cepat Sembuh, Makanan untuk Sakit Tenggorokan

Udara dalam ruangan yang kering, misalnya ruangan ber-AC, bisa bikin tenggorokan terasa nggak nyaman. --

3. Tidak berbagi makanan, minuman dan perlengkapan makan dengan orang lain.
4. Menghindari menyentuh wajah, terutama mata, hidung dan mulut sebelum membersihkan tangan.
5. Hindari menyentuh benda-benda yang ada di tempat umum, contohnya pegangan eskalator, gagang pintu, tombol elevator, dst.
6. Menghindari orang yang sedang sakit.

Cara Mudah Meredakan Sakit Tenggorokan
1. Disarankan untuk tidak mengonsumsi cuka apel. Cuka apel disebutkan mengandung antibakteri, namun tidak memberikan manfaat yang besar untuk penderita sakit tenggorokan.
2. Hindari menggunakan minyak esensial, karena belum terbukti secara klinis.
3. Perbanyak istirahat. Termasuk di antaranya tidur dan ‘mengistirahatkan’ suara Ibu.
4. Terapi uap. Misalnya, menghirup uap sembari mandi air hangat. Uap, selain melembapkan tenggorokan, juga membantu mengeluarkan lendir.

BACA JUGA:Saksi Ahli Kasus Korupsi Jembatan Menggiring Sebut Ada Pengurangan Volume Saat Proyek Dikerjakan

5. Minum obat. Obat yang dikonsumsi, tentu tergantung dari apa yang menjadi penyebab Ibu sakit tenggorokan. Oleh karena itu kita perlu untuk berkonsultasi dengan dokter.
6. Kumur air garam. Air garam membantu meredakan iritasi dan pembengkakan pada tenggorokan. Caranya, cukup larutkan setengah sendok teh garam dan berkumur setiap tiga jam sekali. Cara lainnya, Ibu bisa menggunakan baking soda sebagai pengganti garam. Baking soda, selain membantu meredakan nyeri pada tenggorokan, juga mengencerkan lendir dan meredakan iritasi akibat asam lambung.
7. Menggunakan humidifier di ruangan.
8. Memperbanyak minum.

Minuman dan Makanan untuk Sakit Tenggorokan
Selain tips di atas, perhatikan pula tentang minuman dan makanan untuk orang sakit tenggorokan yang boleh dikonsumsi dan yang harus dihindari. Cek yuk beberapa minuman dan makanan yang boleh dimakan saat sakit tenggorokan berikut ini:
1. Sup hangat
Misalnya sup kaldu ayam atau sup krim.
2. Perbanyak cairan
Minum air putih hangat atau teh. Makanan atau minuman hangat bisa bantu mengurangi batuk. Bisa juga minum air dingin atau popsicles. Dingin ataupun hangat sebenarnya tidak terlalu masalah, ini tergantung dari preferensi Ibu. Intinya, asupan cairan dapat membantu mengencerkan dan membuang lendir yang biasanya dimiliki oleh penderita sakit tenggorokan.

BACA JUGA:Tekan Angka Kelahiran Pada Remaja, Peran PIK-RM Sangat Dibutuhkan

3. Makanan lembut
Makanan untuk sakit tenggorokan pada dasarnya adalah makanan yang lembut dan mudah ditelan. Contohnya pasta, oatmeal atau sereal yang dihangatkan. Kentang tumbuk dan telur orak-arik juga pas sebagai makanan untuk sakit tenggorokan. Telur juga menjadi salah satu sumber protein yang baik untuk memperbaiki jaringan tubuh. Contoh lain makanan untuk sakit tenggorokan yang boleh dikonsumsi adalah yogurt, smoothies, pisang, agar-agar (atau gelatin). Selain ‘ramah’ untuk tenggorokan, makanan tersebut juga bikin tubuh Ibu tetap menerima nutrisi.

4. Madu
Mencampurkan madu dengan ke dalam teh hangat adalah hal yang biasa dilakukan untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk, terutama untuk anak-anak. Situs healthline.com menyebutkan bahwa madu efektif untuk membantu mengurangi batuk di malam hari dan madu punya efek untuk mempercepat penyembuhan iritasi.

BACA JUGA:POCO X6 Series Hadirkan Chipset Besutan Qualcomm dengan Harga 4 Jutaan, Cek Spesifikasinya Sekarang

5. Chamomile
Tidak hanya membantu Ibu relaks dan tidur lebih nyenyak, bunga chamomile juga bermanfaat untuk meredakan sakit tenggorokan. Bahkan bunga chamomile sering dipakai untuk bahan sabun (serta salve) untuk membantu meredakan gatal dan peradangan. Bunga chamomile bisa didapat di supermarket, atau di marketplace. Perlu diketahui, harga bunga chamomile kering ini cukup mahal.

6. Bawang putih
Tambahkan ekstra bawang putih pada masakan. Ya, bawang putih terkenal akan khasiatnya sebagai antibakteri lho, tentunya ini bagus buat tambahan makanan untuk sakit tenggorokan.

7. Kunyit
Kunyit mengandung anti peradangan alami. Kunyit bisa dijadikan minuman atau  ditambahkan pada hidangan berkuah, misalnya soto ayam. Hmm, lezat sekali ya menjadi makanan untuk sakit tenggorokan.

BACA JUGA:Air Terjun Nungnung, Destinasi Wisata Simbol Keindahan Alam Bali

8. Jahe
Sama seperti kunyit, jahe juga mengandung zat yang bisa membantu mengatasi peradangan. Caranya mudah, rebus jahe dengan sedikit garam dan gula, lalu airnya bisa diminum untuk melegakan tenggorokan.
Adapun contoh minuman dan makanan yang tidak boleh dimakan saat sakit tenggorokan, yaitu:
1. Jangan makan sesuatu yang kering seperti crackers, roti beremah atau roti kering dan keripik. Popcorn dan kacang-kacangan juga menjadi makanan yang harus dihindari saat sakit tenggorokan, selain keras, biasanya pada popcorn dan kacang-kacangan terdapat kulit yang sering lengket di tenggorokan. Itulah kenapa itu menjadi makanan yang harus dihindari saat sakit tenggorokan.
2. Hindari makan makanan panas dan pedas (termasuk yang mengandung bumbu atau rempah yang pedas).

BACA JUGA:Berwisata ke Destinasi Wisata Air Terjun Benang Kelambu, Surga Tersembunyi di Nusa Tenggara Barat

3. Hindari makan sayuran mentah.
4. Hindari buah yang asam, seperti lemon, jeruk, anggur dan tomat. Acar juga salah satu makanan untuk sakit tenggorokan yang harus dihindari.
5. Hindari minum soda, kopi dan minuman beralkohol.
Itulah informasi tentang seputar sakit tenggorokan. Semoga bermanfaat ya untuk Parents yang sedang menderita sakit tenggorokan!(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: