Harga Karet Turun

Harga Karet Turun

\"petani-karet\"KOTA PADANG, BE - Harga karet yang menjadi salah satu komoditas pertanian andalan masyarakat di Kecamatan Kota Padang, Binduriang, Padang Ulak Tanding (PUT) anjlok. Karet yang sebelumnya dijual dengan harga Rp 10 ribu/kg, sejak seminggu terakhir dihargai hanya Rp 5 ribu/kg. \"Kami tidak tahu penyababnya apa, namun yang jelas cukup mempengaruhi pendapatan kami sehari-hari,\" ungkap Muham (35) warga Desa Air Apo Kecamatan Binduriang.

Beruntung, warga masih bisa mengandalkan hasil tanaman kopi yang telah memasuki musim panen. Hanya saja, petani masih dipaksa untuk menjual kopi dengan harga murah. \"Harga kopi musiman  mencapai Rp 18 ribu/kg, tapi kami masih terpaksa menjual kopi  yang kualitas asalan yang lebih di kenal dengan kopi kripit yang harga perkilonya hanya Rp 12 ribu/kg\" sambung Muhan.

Kopi asalan sendiri, terang Muhan, merupakan kopi yang kering sehari atau kopi giling sehari. \"Kami harus menggiling kopi kripit dikarenakan  harga karet turun, jika tidak seperti itu bagaimana kami bisa membeli makanan dan uang untuk anak kami sekolah,\" kata Muhan.

Kondisi yang sama juga disampaikan Abuhasan (50) warga Kota Padang, musim hujan juga menjadi kendala para petani dalam memanen tanaman jenis karet. \"Kualitas karet kami  banyak mengandung air  atau sulit  membeku, kami berharap peratian dari dinas intansi terkait kalau sampai belarut  dengan harga karet yang sekarang, kami yang menggantung kan kan  hidup sebagai petani karet,\" terang Abuhasan. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: