Partai Nasdem Selektif Usung Caleg

Partai Nasdem Selektif Usung Caleg

\"IMG_2293\"BENGKULU, BE - Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat (Nasdem), kemarin, menggelar rapat finalisasi bakal calon legislatif yang akan diusungkan pada Pemilu 2014 mendatang.

Rapat ini digelar di hotel Grage Horizon Bengkulu yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal DPP Nasdem, Patrice Rio Capella dengan peserta Ketua dan Sekjen Dewan Pengurus Wilayah (DPW) dan Dewan Pengurus Daerah (DPD) se-provinsi Bengkulu.

\"Finalisasi ini dilakukan sebelum Bacaleg dikirim ke DPP untuk dimasukkan kedalam Daftar Caleg Sementara (DCS),\" kata Rio usai rapat, kemarin.

Ia menjelaskan rapat tersebut bertujuan untuk mengetahui kapasitas dan elektabilitas yang dimiliki oleh setiap Bacaleg berdasarkan keterangan dari Ketua dan Sekretaris DPD setiap kabupaten/kota. Sedangkan untuk Bacaleg DPRD provinsi, pihaknya meminta keterangan langsung ke Ketua dan Sekjen DPW.

\"Kami tidak mau mengusung calon yang belum siap, baik secara SDM, mental, dukungan maupun siap secara materi. Hal ini bertujuan agar yang bersangkutan tidak kesulitan mencari modal mencaleg dan tidak sibuk mengembalikan modal setelah berhasil duduk di parlemen,\" terangnya.

Kesiapan materi tersebut bukan untuk membayar ke partai, melainkan untuk operasional caleg itu sendiri dalam memperkenalkan diri atau kampanye sebelum Pemilu 2014 mendatang. Karena partai hanya membantu perdaerah pemilihan (Dapil), bukan kepada perorangan.

\"Biaya operasional dibebankan kepada caleg masing-masing, sedangkan partai hanya membantu perdapil, misalnya untuk Dapil provinsi Bengkulu membutuhkan spanduk sekitar 10 ribu lembar, maka kebutuhan spanduk itu akan dipenuhi oleh partai,\" ujar mantan Ketua Umum DPP Partai Nasdem itu.

Kesiapan Bacaleg itu, lanjut Rio, juga bertujuan untuk menghindari Caleg Nasdem tersandung kasus setelah duduk menjadi anggota DPR dan DPRD. Karena menurutnya, banyaknya wakil rakyat yang terjerat kasus bukan kesalahan dari anggota dewan itu sendiri, melainkan kesalahan dari parpol yang tidak melakukan proses perekrutan yang baik dan benar.

\"Setelah kami kaji, jika proses perekrutan berjalan dengan baik tanpa membebani caleg, maka anggota dewan yang dihasilkan pun akan berkualitas dan benar-benar memperjuangkan aspirasi rakyat,\" sampainya.

Patrice pun memastikan bahwa partai Nasdem akan melakukan berbagai atraksi atau pertunjukan pada saat mennyerahkan DCS ke KPU antara 9 hingga 22 April mendatang. Atraksi tersebut tidak hanya dilakukan di kabupaten/kota di provinsi Bengkulu, namun dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

\"Waktunya belum tahu, namun kita pastikan bahwa atraksi itu kita lakukan secara serentah di Indonesia,\" imbuhnya sembari menyebutkan bahwa Nasdem menargetkan menang pada Pemilu mendatang.(400)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: