Mahasiswa UGM Hasilkan Riset dan Pengembangan Terhadap Motor Listrik Melampaui TKDN

Mahasiswa UGM Hasilkan Riset dan Pengembangan Terhadap Motor Listrik Melampaui TKDN

Mahasiswa UGM yang tergabung dalam Tim Gasbrada melakukan riset dan pengembangan motor listrik.-ugm.ac.id-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Hasil karya kendaraan listrik di Indonesia sudah cukup populer sejak tahun 2013 hingga kini berbagai Universitas dibeberapa daerah di Indonesia selalu memberikan terobosan teknologi terbarukan salah satunya yakni dengan menciptakan motor listrik dengan teknologi ramah lingkungan

Baru-baru ini mahasiswa UGM yang tergabung dalam Tim Gasbrada melakukan riset dan pengembangan motor listrik. Hasilnya sangat memuaskan, di mana sepeda motor tersebut memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 57,42%. 

BACA JUGA:Wow! Desain Yamaha R1 Semakin Sporty dan Modern

Dikutip dari situs resmi ugm.ac.id. bahwa pengembangan terhadap motor listrik tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2022 dan mendapatkan hasil yang sudah melampaui TKDN yang ditargetkan oleh pemerintah yakni 50%.  

Namun, masih melakukan pengembangan di beberapa komponen. Pengembangan dilakukan di bawah bimbingan dosen Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika UGM dan didukung oleh PLN. 

Tim Gasbadra diketuai oleh Wisnu Aryo Jatmiko (Elins 21) beranggotakan Gilang Rizky Yunanto (Elins 21), Ferdian Arvin Nayandra (Elins 21), Alfahri Rifki Fahrezi (Elins 21), Heva Adlli Wijaya (Elins 21), Stefano Aldo Budi Satria (Elins 21), Rayhan Tegar Pamungkas (Elins 22), Muhammad Fakhri Ajrillah (Elins 22), Yuta Ilham Nugroho (Elins 22), Aulia Malik (Elins 22), Dhamar Gumilang Panggayuh (Elins 22), dan Faiz Yuda Anggoro (Elins 22).

BACA JUGA:Honda CB350, Desain Retro yang Memikat dengan Harga Terjangkau

Tim Gasbadra berupaya mengurangi emisi gas buang dari kendaraan berbahan bakar minyak dengan membuat sepeda motor listrik. 

Mereka melakukan riset pada bidang pengembangan motor listrik yang melingkupi banyak aspek diantaranya rangka, body, powertrain, serta elektronika kendaraan listrik yang meliputi battery pack, power distribution dan bldc controller. 

Tak hanya itu, motor listrik yang dikembangkan oleh tim riset mahasiswa yang tergabung dalam Elins Research Club FMIPA UGM ini juga unggul dalam hal efisiensi dan start yang halus.

Pengembangan motor listrik yang dilakukan tim Gasbadra ini sejalan dengan SDGs 7 dalam mewujudkan energi yang bersih dan terjangkau. 

 BACA JUGA:Chery Rilis Fengyun A8, Mobil Hybrid dan Keren Setara Harga Suzuki Baleno

Motor listrik yang mereka kembangkan memiliki jarak tempuh yang hampir sama dengan motor listrik sejenis di pasaran. Meski begitu, dari sisi daya mampu mengeluarkan output daya maksimum yang lebih bertenaga.

Motor listrik dikembangkan menggunakan penggerak utama berupa motor listrik DC brushless tipe mid drive dengan tegangan 72V dan arus maksimal 40A. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: