Yamaha RX King! Jejak Motor Raja Jalanan yang Melegenda

Yamaha RX King! Jejak Motor Raja Jalanan yang Melegenda

Lahir pada tahun 1983, Yamaha RX-King telah mengarungi perjalanan yang panjang selama 35 tahun di Indonesia.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bagi pecinta kendaraan roda dua, Yamaha RX-King adalah bukan sekadar motor. Ia adalah sebuah legenda yang masih terus memikat hati penggemarnya. Motor bermesin 2-tak ini, dengan segala performa dan akselerasinya yang gesit, dijuluki sebagai motor ‘bandit’ oleh masyarakat. Meskipun identik dengan citra tersebut, RX-King sejatinya adalah ‘Raja Jalanan’ yang memerintah di era kejayaannya.

BACA JUGA:Tak Selalu Aman, Inilah Risiko Bahaya Jarak Kehamilan Terlalu Jauh

Lahir pada tahun 1983, Yamaha RX-King telah mengarungi perjalanan yang panjang selama 35 tahun di Indonesia. Dengan fisik yang hampir tidak mengalami perubahan besar sepanjang masa, RX-King hadir sebagai penerus dari Yamaha RX-K 135 yang masuk ke Indonesia tahun 1980. Namun, respons pasar saat itu kurang memuaskan, dan generasi RX-K tersebut hanya bertahan tiga tahun (1980-1983).

BACA JUGA:Punya Suami yang Pemalas, Begini Cara Mengatasinya

Perubahan besar terjadi ketika tiga orang Jepang, Motoaki Hyodo, Chikao Kimata, dan Nobuo Aoshima, melakukan riset mendalam di berbagai daerah Indonesia. Hasilnya menggambarkan keinginan masyarakat Indonesia akan motor sport yang gagah, irit, dan memiliki kecepatan tinggi. Inilah cikal bakal lahirnya Yamaha RX-King.

Namun, setelah memberikan kontribusi besar dalam dunia motor Indonesia, RX-King menghadapi titik balik dengan munculnya kendaraan 4-tak yang lebih irit dan ramah lingkungan, pada tahun 2009, Yamaha mengumumkan penghentian produksi RX-King, meninggalkan kenangan manis bagi para penggemarnya.

BACA JUGA:Ini Dia Bacaan Dzikir yang Bisa Diamalkan Saat Kamu Sakit

Beberapa tahun kemudian, kabar menggembirakan datang dari Yamaha India yang berencana menghidupkan kembali legenda RX-King. Meski versi terbaru akan menggunakan mesin 4-tak, tetapi hal ini cukup membuat para pecinta RX-King bersemangat. Mari kita lihat perjalanan panjang RX-King di Indonesia selama hampir 35 tahun.

Generasi Pertama, 1983 – 1991
Generasi pertama Yamaha RX King dikenal sebagai King Cobra, karena model stangnya yang menyerupai leher ular kobra yang sedang tren. Diproduksi antara 1983-1991 dengan kode blok mesin Y1 dan Y2.

Generasi kedua ini, disebut Yamaha King Master, dengan menggunakan kode blok mesin Y1-74. Diproduksi antara tahun 1992-2001, konon kabarnya diproduksi di Yamaha Pulo Gadung, Jakarta.
Generasi Ketiga, 2002 – 2006

BACA JUGA:Tips Jitu Membuat Perempuan Jatuh Cinta padamu

Generasi ketiga, dikenal sebagai New King, lahir pada 2002, mesin 2 langkah berkapasitas 132 cc, transmisi 5 percepatan, dan desain yang tetap memukau. Meski dihentikan pada 2006, performanya tetap menjadi sorotan.

Generasi Keempat, 2007 – 2009
Generasi keempat sudah memenuhi standar Euro, dilengkapi catalytic converter untuk mengurangi emisi. Desain bodi yang semakin modern menandai akhir dari era RX-King pada Februari 2009.

BACA JUGA:Tetap Elegan dan Gak Kampungan! Begini Cara Ajak Balikan Mantan Lewat Chat

Spesifikasi Umum Yamaha RX-King

Tipe Mesin: 2 Langkah, Air Cooled
Diameter x Langkah: 58,0 x 50,0 mm
Volume Silinder: 132 cc
Perbandingan Kompresi: 6,9 : 1
Kopling: Manual, Basah, Multiplat
Transmisi: 5 Kecepatan
Karburator: VM 26 x 1 MIKUNI
Kapasitas Oli Samping: 1 Liter
Baterai: GM 3-3B/12,3
Busi: BP 8HS-10
Sistem Pengapian: CDI

BACA JUGA:Berteman dengan Mantan Tanpa Baper? Begini Tipsnya

Performa dan Dimensi

Dimensi PxLxT: 1970 x 735 x 1065 mm
Sistem Starter: Kick
Daya Maksimum: 18,5 PS/9.000 RPM
Torsi Maksimum: 1.54 KGF.M/8.000 RPM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: