Mengenal Asal Usul Danau Sentani yang Melegenda di Papua

Mengenal Asal Usul Danau Sentani yang Melegenda di Papua

Keindahan Danau Sentani yang melegenda di Papua -Akun Instagram @jajanjalanke_sentani-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi saat berada di Papua adalah Danau Sentani. Danau ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang ada di Papua.

Danau Sentani menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Danau Sentani berada di lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops dengan luas 9.360 hektar, tepatnya di  Jayapura, Papua.

Danau Sentani terkenal akan kisahnya yang melegenda. Pada jaman dahulu kala, beberapa penduduk purba dari wilayah Papua Nugini melakukan perjalanan panjang dengan mengendarai seekor naga. Mereka mencari wilayah baru untuk ditempati dan berencana menetap disana.

Namun, malangnya naga yang mereka kendarai tidak mampu terbang lebih jauh. Gohu Ikan, Inspirasi Kelezatan Sajian Khas Nelayan Ternate.

BACA JUGA:Jumlah Kunjungan Wisatawan 2023 Meningkat 110,86 Persen

Pada jaman dahulu kala, beberapa penduduk purba dari wilayah Papua Nugini melakukan perjalanan panjang dengan mengendarai seekor naga. Mereka mencari wilayah baru untuk ditempati dan berencana menetap disana.

Namun, malangnya naga yang mereka kendarai tidak mampu terbang lebih jauh dan akhirnya jatuh melesat ke sebuah danau besar. Naga itu akhirnya mati terendam dalam danau tersebut.


Keindahan Danau Sentani yang melegenda di Papua -Akun Instagram @eksploredolan.id-

Tetapi, tidak demikian dengan nasib beberapa penunggang naga tersebut. Mereka selamat dan terjebak di atas bagian tubuh naga yang menyembul keluar dari permukaan danau.

BACA JUGA:Mengenal Desa Wisata Kaliurang di Yogyakarta, Menawarkan Suasana Pedesaan yang Asri

Akhirnya, mereka terdampar di danau itu dan tinggal di tubuh naga yang mati. Menurut legenda, kepala naga itu menjadi pulau di sisi timur danau, bagian ekor menjadi pulau di sisi barat, dan tubuh menjadi pulau di bagian tengah dan bernama Pulau Asei.

Danau tersebut adalah danau Sentani dan hingga kini warga Sentani percaya asal-usul mereka bermula dari kisah orang-orang Papua Nugini yang menunggang naga.

Dengan luas danau yang mencapai ribuan hektare, danau ini menjadi rumah berbagai spesies ikan, seperti hiu gergaji, ikan gabus, ikan pelangi merah, dan ikan pelangi Sentani. Selain menyuguhkan keindahan panorama alam yang menakjubkan, danau yang berada di wilayah Jayapura ini juga memiliki bukit yang indah bernama Bukit Teletubbies.


Keindahan Danau Sentani yang melegenda di Papua -Akun Instagram @natgeoindonesia-

Saat berkunjung ke danau Sentani kamu juga tidak boleh melewatkan moment matahari terbenam yang sangat menakjubkan. Perpaduan hamparan air danau dikelilingi hamparan hijaunya rerumputan menambah nuansa syahdu danau yang satu ini.

BACA JUGA:Merasakan Nostalgia Dunia Musik Indonesia dengan Berkunjung ke Galeri Lokananta di Surakarta Jawa Tengah

Kondisi pariwisata yang menarik ini tidak hanya berhenti sampai di kekayaan alam dan budaya. Berbagai keunggulan ini dibawa ke tingkat yang lebih lanjut oleh Pemerintah daerah melalui Festival Danau Sentani.

Festival ini diadakan setahun sekali, biasanya pada pertengahan bulan Juni. Festival yang biasa diadakan di wilayah Kalkote, tepian danau Sentani ini menghadirkan berbagai budaya dan kesenian setempat.

Warga yang umumnya berprofesi sebagai nelayan, menjadikan ajang ini sebagai sarana promosi kebudayaan Sentani. Mereka menampilkan Tarian, Kerajinan khas, bahkan berbagai produk budaya lainnya secara unik dan indah dalam Festival tahunan ini.

Danau Sentani sudah memiliki fasilitas yang lengkap untuk memberikan kenyamanan para wisatawan. Di sekitar kawasan danau ini juga tersedia beberapa penginapan   dengan harga yang terjangkau apabila dirasa perlu untuk menginap.

BACA JUGA:Mengenal Desa Wisata Kaliurang di Yogyakarta, Menawarkan Suasana Pedesaan yang Asri

Jika ingin berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 saat weekdays atau setiap Senin-Jumat. Adapun harga untuk weekend atau Sabtu-Minggu, harganya juga sama.

Nah, itulah dia wisata danau Sentani yang memiliki kisah melegenda hingga kini. Danau Sentani bisa kamu jadikan referensi pilihan liburan bersama keluarga dan teman-teman saat berkunjung ke Jayapura.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: