Air Terjun Sekumpul di Buleleng Bali, Salah Satu Air Terjun di Indonesia

Air Terjun Sekumpul di Buleleng Bali, Salah Satu Air Terjun di Indonesia

Menikmati keindahan air Terjun Sekumpul di Buleleng, Bali-Akun Instagram @vnmedia-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tak salah jika Bali dinobatkan sebagai salah satu pulau paling populer di dunia pada tahun 2020. Bagaimana tidak, Bali merupakan salah satu pulau yang memiliki kebudayaan, keramahan, tradisi, kesenangan, kedamaian, dan keindahan alam yang luar biasa.

Tak hanya terkenal dengan destinasi wisata baharinya, ternyata Bali juga terkenal dengan destinasi wisata air terjunnya yang menakjubkan. Bahkan beberapa air terjun yang ada di Bali menjadi salah satu air terjun terindah yang ada di Indonesia.

Selain dikenal dengan Air Terjun Tukad Cepung nya yang menawan hingga di datangi banyak turis asing. Ada pula Air Terjun Sekumpul yang tak kalah indah, banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang singgah ke Bali hanya untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini.

Air terjun Sekumpul terletak di desa Sekumpul, Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng, Bali. Desa Sekumppul berada sekitar 85 kilometer dari Bandara Ngurah Rai.

BACA JUGA:Mengenal Beberapa Mitos Air Terjun Way Lalaan Lampung

Sesuai namanya, Air Terjun Sekumpul ini terdiri dari sekumpulan air terjun dengan jumlah total tujuh air terjun di satu area yang sama. Sejarah nama air terjun Sekumpul memiliki beberapa versi.

Pertama, nama ini diambil karena di lokasi yang sama terdapat sekumpulan air terjun yang bisa dinikmati. Beberapa nama air terjun tersebut adalah Air Terjun Gitgit, Air Terjun Lemukih, Air Terjun Munduk dan Air Terjun Les Buleleng. Jaraknya hanya dipisahkan dua hingga tiga kilometer.


Menikmati keindahan air Terjun Sekumpul di Buleleng, Bali-Akun Instagram @didukmitu-

Namun, ada juga yang menyebut bahwa nama Sekumpul ini diambil dari dua air terjun utama yang saling berdekatan. Warga lokal sering menyebut sebagai air terjun Ceburan.

BACA JUGA:Menikmati Keindahan Pantai Klotok di Wonogiri Jawa Tengah

Meskipun berdekatan, dua air terjun ini berasal dari sumber mata air yang berbeda. Ada air terjun yang berasal dari sungai dan ada yang berasal dari sumber mata air alami.

Selain itu, Air Terjun Sekumpul memiliki keunikan sendiri daripada air terjun pada umumnya. Saat musim hujan, kedua air terjun itu akan memiliki warna yang berbeda. Fenomena ini membuat panorama yang ada di kawasan tersebut menjadi lebih indah.

Menariknya air terjun yang berasal dari aliran sungai memiliki warna air yang lebih keruh, sedangkan air terjun yang bersumber dari mata air alami akan terlihat tetap jernih. Membayangkannya saja bikin penasaran dan ingin cepat-cepat melihatnya.


Menikmati keindahan air Terjun Sekumpul di Buleleng, Bali-Akun Instagram @inivieshospitality-

Air Terjun Sekumpul juga dikelilingi oleh tebing-tebing batu hijau setinggi 100 sampai 150 meter yang mengelilingi semakin menambah keindahan air terjun ini. Keunikan linilah  yang menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi Air Terjun Sekumpul.

Untuk menuju destinasi wisata yang satu ini, wisatawan harus menempuh perjalanan yang jarak tempuhnya memakan waktu sekitar 2-3 jam jika melewati jalan Denpasar-Singaraja.

BACA JUGA:Berkunjung ke Desa Wisata Ketapanrame, Pemenang Desa Terbaik dan Terfavorit ADWI 2023

Wisatawan juga harus memiliki kondisi yang prima, karena jalan menuju air terjun ini dari tempat parkir di desa membutuhkan usaha ekstra mengingat lokasinya yang tersembunyi. Wisatawan harus berjalan kaki melewati jalur banyak tangga licin dan harus menyebrangi sungai untuk melihat dari dekat.

Adapun jumlah anak tangga yang harus dilewati sekitar 350 hingga 365 anak tangga. Disepanjang perjalanan wisatawan akan dimanjakan dengan suara gemuruh air terjun yang seakan memberikan semangat untuk terus berjalan.

Air Terjun Sekumpul juga sudah menyediakan beberapa fasilitas yang membuat pengunjung betah berlama-lama. Selama perjalanan menuju di Air terjun Sekumpul, tersedia gazebo untuk para pengunjung beristirahat sejenak sambil menikmati alam sekitar.

Lelah dan letih perjalanan Anda akan terbayarkan langsung dengan keindahan dari air terjun ini. Nah, untuk jam operasional Air Terjun Sekumpul ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 - 17.00 WITA. Untuk harga tiket masuk kawasan ini tidak terlalu mahal.

Wisatawan cukup mengeluarkan uang sebesar Rp10.000 saja, namun untuk wisatawan asing akan dikenakan biaya sebesar Rp 20.000.

BACA JUGA:Mengenal Sejarah dan Daya Tarik Monumen Pers Nasional di Kota Solo

Harga tiket tersebut hanya untuk mengakses air terjun saja, jika Anda ingin mengeksplor lebih dalam lagi akan ada biaya khusus. Nantinya, ada pemandu yang mengantar Anda.

Untuk masuk ke kawasan ini wisatawan juga dapat membeli  dua jenis trekking yang bisa dipilih. Untuk medium trekking, Anda harus mengocek kantong sebesar Rp125.000 dan long trekking sebesar Rp200.000. Harga tersebut sudah termasuk biaya pemandu wisata.

Tidak hanya itu, bagi wisatawan yang mengunjungi kawasan ini dengan membawa kendaraan, Anda akan membayar biaya parkir seharga Rp2.000 untuk kendaraan roda dua. Sedangkan untuk kendaraan roda empat Anda harus membayar Rp5.000.

BACA JUGA:Berkunjung ke Desa Wisata Penglipuran, Desa Tertua di Bali

Ada banyak sekali destinasi wisata Bali yang tak terhitung lagi jumlahnya, salah satunya adalah Air Terjun Sekumpul. Wisata air terjun yang satu ini bisa jadi pilihan destinasi wisata saat berada di Bali atau ingin berencana ke Bali. Akan lebih menyenangkan jika berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini dengan mengajak keluarga dan teman-teman serta orang tersayang.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: