Mengunjungi Air Terjun Tukad Cepung, Wisata Primadona Kabupaten Bangli Bali

Mengunjungi Air Terjun Tukad Cepung, Wisata Primadona Kabupaten Bangli Bali

Air Terjun Tukad Cepung -Akun Instagram @ramsayjalal-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jika ditanya Provinsi mana yang paling rekomendasi untuk mengisi liburan, mungkin Bali adalah jawaban yang tepat. Bukan tanpa alasan Bali banyak dijadikan sebagai Provinsi tujuan para wisatawan karena Bali memang sudah terkenal  akan keindahan alamnya yang menakjubkan. 

Salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Tukad Cepung yang terletak di Desa Penida Kelod, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, Bali.

Kabupaten yang ada di Bali ini tidak memiliki pantai, sehingga membuat keberadaan air terjun ini menjadi primadona saat berkunjung ke kawasan Bangli.

Bali yang juga terkenal akan wisata budayanya, dahulu masyarakat setempat menganggap air terjun Tukad Cepung tempat yang sakral. Sebelum ramai akan wisatawan yang mengunjunginya seperti sekarang, tempat ini banyak didatangi untuk tujuan spiritual seperti melukat. Melukat sendiri merupakan upacara pembersihan pikiran dan jiwa secara spiritual dalam diri manusia.

BACA JUGA:Menyaksikan Kecantikan Bunga Edelweiss yang Dilindungi di Taman Edelweiss Desa Wonokitri

Upacara tersebut biasa dilakukan masyarakat yang beragama Hindu. Saat sebelum masuk ke objek wisata terdapat petugas yang akan memberi percikan air suci dalam upacara mesirat, dengan tujuan sebagai tanda pembersihan diri atau penyucian diri sebelum memasuki objek wisata.

Penamaan Air Terjun Tukad Cepung ini berasal dari kata “Tukad” dalam bahasa Bali berarti sungai, sedangkan “Cepung” berarti saluran, sehingga Air Terjun Tukad Cepung memiliki arti saluran Sungai Cepung.


Air Terjun Tukad Cepung -Akun Instagram @ramsayjalal-

Air terjun ini sungguh membuat setiap wisatawan berdecak kagum akan keindahannya. Air terjun Tukad Cepung Bersumber dari mata air di atasnya, sehingga air yang jatuh mengalir dari atas lubang goa.

Letak air terjun ini berada di dalam canyon dengan diapit tebing-tebing bebatuan, sehingga untuk menyaksikan air terjun ini kamu harus masuk ke dalam goa terlebih dahulu. Kondisi air yang jernih setinggi 15 meter ini memiliki arus yang tidak begitu deras.

BACA JUGA:Berkunjung ke Sungai Tamborasi, Destinasi Wisata Sungai Terpendek di Dunia

Uniknya air yang turun menyerupai tirai raksasa ditambah dengan sorotan sinar matahari yang memantulkan cahaya keindahan ke dalam goa yang agak gelap. Air yang turun akan langsung mengalir di sepanjang jalur yang dilewati wisatawan, karena Air Terjun Tukad Cepung tidak mempunyai palung atau kolam utama.

Tempatnya yang sangat menawan tidak akan luput dari bidikan kamera. Banyak spot foto yang  instagramable disana. Bahkan tempat ini juga sering digunakan sebagai lokasi foto pre-wedding. Salah satu spot favorit yang sering dijadikan spot untuk berfoto adalah  batu besar yang diselimuti lumut, karena sinar matahari yang langsung menyinari dari atas sehingga tampak eksotik.


Air Terjun Tukad Cepung -Akun Instagram @ramsayjalal-

Bila berkunjung gunakanlah pakaian dan alas kaki yang nyaman, mengingat bebatuan yang ada di goa sudah sangat lama, sehingga banyak lumut yang menempel.

BACA JUGA:Berkunjung ke Sungai Tamborasi, Destinasi Wisata Sungai Terpendek di Dunia

Air Terjun Tukad Cepung dibuka setiap hari Senin - Minggu pada pukul 07.00 sampai 17.00 WITA. Tarif masuk ke objek wisata ini masih sangat terjangkau. Wisatawan hanya dikenakan tarif sebesar Rp 15.000 per orang.

Rute menuju lokasi dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat hingga sampai ke area parkiran dari Denpasar yang berjarak 39 km dengan waktu tempuh sekitar 60 menit, dari kecamatan bangli sekitar 8 km dan 30 km atau 50 menit dari kawasan Kintamani dan Ubud.

Setelah sampai di tempat parkir, air terjun ini harus dicapai dengan trekking terlebih dahulu selama 20 menit dengan menyusuri pinggiran sungai, menyelinap ke di antara tebing hingga akhirnya sampai di lokasi. Hal ini membuat pengalaman seru yang tak terlupakan.

Walaupun sedikit menguras tenaga, tapi tak perlu khawatir akses jalannya mudah dilewati dan sudah dalam kondisi yang bagus dibantu anak tangga yang menyusurinya. Di sepanjang jalan menuju lokasi akan dimanjakan oleh rimbunnya pepohonan hijau yang menyejukkan. Banyak warung - warung yang berada di beberapa titik jalan setapak yang bisa kamu kunjungi untuk sekedar beristirahat maupun mengisi kekosongan perut.

BACA JUGA:Labuan Cermin, Menikmati Keindahan Danau Dua Rasa di Kalimantan Timur

Air terjun Tukad Cepung menawarkan keindahan alam yang memberikan kesan istimewa kesetiap wisatawan yang berkunjung. Air terjun yang satu ini bisa kamu jadikan referensi wisata liburan bersama keluarga dan teman-teman.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: