Nikmati Pesona Keindahan Tirai Air Terjun Tumpak Sewu, Miniatur Air Terjun Niagara

Nikmati Pesona Keindahan Tirai Air Terjun Tumpak Sewu, Miniatur Air Terjun Niagara

Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu -Akun Instagram @airterjuntumpaksewusemeru-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi saat berada di Jawa Timur adalah Air Terjun Tumpak Sewu, Air Terjun ini disebut-sebut mirip dengan Air Terjun Niagara yang ada di Amerika.

Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini untuk melihat keindahannya yang menakjubkan.

Hawa sejuk dengan pemandangan kehijauan yang asri di kiri kanan menambah kesan alami lokasi air terjun. Air terjun Tumpak Sewu punya banyak daya tarik tersendiri yang membuatnya terlihat indah sehingga air terjun ini dikenal dengan julukan Tebing Nirwana.

Air Terjun Tumpak Sewu merupakan salah satu air terjun tercantik yang ada di Jawa. Lokasinya berada di Desa Wisata Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

BACA JUGA:Bikers Musiman Road To Aceh: Jajal Jalur Lintas Barat Sumatera Selama 10 Hari

Dari pusat kota Lumajang, lokasi air terjun yang satu ini masih jauh, mencapai 47 km ke arah selatan. Lokasi wisata Air Terjun tersebut masih berdekatan dengan spot keren lain, yaitu Goa Tetes. Dalam bahasa Jawa, tumpak bisa diartikan tumpuk, dan sewu adalah seribu.

Penamaan Tumpak Sewu berasal dari bahasa jawa, kata  Tumpak berati naik  dan Sewu berati seribu. Tumpak Sewu berarti air terjun yang terlihat seolah sedang menaiki atau menumpang di dinding atau tebing air terjun.


Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu -Akun Instagram @tumpaksewusemeruofficial-

Sehingga dapat diartikan nama Tumpak Sewu merupakan julukan dari tumpukan seribu air terjun. Meski tidak benar seribu, curahan air yang membentuk air terjun di sini sangat banyak, membuatnya terlihat seperti air terjun raksasa layaknya Air Terjun Niagara.

BACA JUGA:Berkunjung ke Desa Wisata Ketapanrame, Pemenang Desa Terbaik dan Terfavorit ADWI 2023

Deretan air terjun itu berjejer melebar bagaikan tirai, sesekali membiaskan pelangi yang indah. Lokasinya berada di ketinggian 500 meter, sedangkan ketinggian air terjun dari atas ke bawah mencapai 120 meter.

Bentuk air terjun Tumpak Sewu sangat cantik berjejer seperti tirai. Air Terjun Tumpak Sewu termasuk dalam kategori tiered waterfall atau air terjun bertirai. Air terjun indah ini terbentuk dari aliran Sungai Glidik yang memiliki hulu di Gunung Semeru, gunung tertinggi di tanah Jawa.

Untuk menuju lokasi air terjun, wisatawan umumnya menggunakan jalur Lumajang karena lebih aman untuk menuju ke area bawah. Loket resminya juga ada di jalur Lumajang. Jalur Malang terbuat dari tangga vertikal yang menyeramkan.


Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu -Akun Instagram @tumpaksewusemeruofficial-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: