Inilah Amalan Surgawi yang Kerap Dilupakan oleh Banyak Manusia

Inilah Amalan Surgawi yang Kerap Dilupakan oleh Banyak Manusia

Terdapat dua perkara jika seorang muslim menjaganya maka akan masuk surga. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ada banyak amalan surgawi yang kerap dilupakan oleh banyak manusia. Hal itu sebab mereka mudah tergoda oleh setan. amalan surgawi yang kerap dilupakan oleh banyak manusia ini padahal sangat mudah untuk diamalkan. Tidak ada rasa berat sedikitpun.

BACA JUGA:WOW! 5 Shio Wanita Ini Semakin Tua Semakin Kaya Raya!

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda terkait dengan amalan surgawi yang kerap dilupakan oleh banyak manusia, sebagai berikut;

وَرَوَيْنَا فِيْ سُنَنِ أَبِيْ دَاوُدَ وَالتَّرْمِذِيْ وَالنَّسَائِيْ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ خَصْلَتَانِ أَوْخَلَّتَانِ لَايُحَافِظُ عَلَيْهِمَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ إِلَّا دَخَلَ الْجَنَّةَ هُمَا يَسِيْرٌ وَمَنْ يَعْمَلُ بِهِمَا قَلِيْلٌ يُسَبِّحُ اللهَ تَعَالَى دُبُرَ كُلِّ صَلَاةٍ عَشْرًا وَيَحْمَدُ عَشْرًا وَيُكَبِّرُ عَشْرًا فَذَالِكَ خَمْسُوْنَ وَمِائَةٌ بِاللِّسَانِ وَأَلْفٌ وَخَمْسُمِائَةٍ فِي الْمِيْزَانِ وَيُكَبِّرُ أَرْبَعًا وَثَلَاثِيْنَ إِذَا أَخَذَ مَضْجَعَهُ وَيَحْمَدُ ثَلَاثًا وَثَلَاثِيْنَ وَيُسَبِّحُ ثَلَاثًا وَثَلَاثِيْنَ فَذَالِكَ مِائَةٌ بِاللِّسَانِ وَأَلْفٌ بالميزان

BACA JUGA:Ini Dia 4 Shio Wanita yang Membawa Keberuntungan bagi Suaminya!

Artinya: Disebutkan dalam kitab sunan Abi Dawud, at-Tirmidzi, an-Nasa’i, dari ‘Abdillah bin ‘Umar radliyallahu ‘anhuma, dari Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam, bersabda: Terdapat dua perkara jika seorang muslim menjaganya maka akan masuk surga.

BACA JUGA:Ini Dia 9 Trik Kecantikan Jadul Yang Masih Berhasil dan Banyak Digunakan

Dua perkara itu mudah tapi sedikit orang yang menjalankan. Yaitu membaca tasbih, tahmid, dan takbir, masing-masing 10 kali setiap selesai shalat fardhu. Jika ditotal jumlah bacaannya adalah 150 kali dalam ucapan dan 1.500 kebaikan dalam timbangan amal. Membaca takbir 34 kali, tahmid dan tasbih masing-masing 33 kali menjelang tidur. Jika ditotal menjadi 100 kali dalam ucapan dan 1.000 kebaikan dalam timbangan.

BACA JUGA: BYD Dekati Posisi Tesla, Produsen Mobil Listrik Terlaris Dunia

Mendengar hadits Rasulullah serentak para sahabat bertanya: Mengapa dua hal yang mudah, namun sedikit yang menjalankan? Rasulullah menjelaskan dalam lanjutan haditsnya:

يَأْتِيْ أَحَدَكُمْ فِيْ مَنَامِهِ فَيُنَوِّمُهُ قَبْلَ أَنْ يَقُوْلَهُ وَيَأْتِيْهِ فِيْ صَلَاتِهِ فَيُذَكِّرُهُ قَبْلَ أَنْ يَقُوْلَهَا إسناده صحيح

BACA JUGA:Tren Kecantikan 2024 Menurut Co-Founder Premiera Skin & Body Care

Artinya: Setan datang kepada salah satu dari kalian ketika tidur. Setan menidurkannya sebelum ia membaca dzikir tersebut (tasbih, tahmid, dan takbir). Dan ia (setan) datang dalam shalatnya kemudian mengingatkan hajat-hajatnya sebelum ia membaca dzikir tersebut. Sanad hadits adalah shahih. (Syekh Nawawi, Al-Adzkar, Semarang: Pustaka ‘Alawiyah, hal. 68-69). Wallahu A'lam.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: