Air Terjun Ponot, Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Air Terjun Ponot, Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Air Terjun Ponot, Menyaksikan Ketinggian Air Terjun Tertinggi di Indonesia-Akun Instagram @airterjunponot-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jika kamu berkunjung ke Sumatera Utara tentu destinasi wisata yang paling menarik perhatianmu adalah wisata Danau Toba dan Pulau Samosirnya yang menakjubkan. Namun destinasi  wisata tersebut sudah terlalu awam untuk dikunjungi.

Tahukah kamu di Sumatera Utara tepatnya di Kabupaten Asahan menawarkan destinasi yang tak kalah menarik yakni Air Tejun Ponot. Air Terjun Ponot yang terletak di Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara.


Air Terjun Ponot, Menyaksikan Ketinggian Air Terjun Tertinggi di Indonesia-Akun Instagram @melalakteros-

Air terjun Ponot memiliki ketinggian hingga 250 meter. Tak heran jika air terjun yang satu ini merupakan Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Penamaan Air Terjun Ponot, yang dalam bahasa Batak bisa bermakna pipa atau saluran, karena air terjun ini merupakan saluran air dari sungai Asahan. Kawasan sekitar air terjun ponot ini sangatlah asri dengan pepohonan lebat disekitarnya. Suasana alam yang tenang, gemuruh suara jatuhan alir yang liar menghadirkan suasana kedamaian di dalamnya.

BACA JUGA:Air Terjun Banyumala, Pesona Indahnya Air Terjun Kembar di Buleleng Bali

Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengisi waktu liburan bersama keluarga dan teman-taman. Air Terjun Ponot akan memberikan pengalaman yang mengesankan karena di mana lagi kamu bisa menyaksikan air terjun tertinggi di Indonesia jika bukan di Air Terjun Ponot. 

Jika ingin berkunjung ke Air Terjun Ponot ada tiga akses yang bisa dilalui, yakni dari Porsea di Kabupaten Tobasa, Pematang Siantar di Kabupaten Simalungun, dan Ranto Parapat di Kabupaten Asahan


Air Terjun Ponot, Menyaksikan Ketinggian Air Terjun Tertinggi di Indonesia-Akun Instagram @melalakteros-

Air Terjun Ponot berada di aliran Sungai Ponot yang merupakan anak Sungai Asahan. Letaknya berada di ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan air laut. Pemandangan khas dari lokasi ini ialah air terjun yang dikelilingi oleh pepohonan hijau. Tak jauh dari air terjun Ponot, terdapat sejumlah air terjun kecil yang menawan. 

Ketika masuk ke kawasan air terjun ini kamu akan berdecak kagum akan keindahan yang dimilikinya. Melihat air terjun yang membuat kepala sedikit mendangak karena sanking tingginya. Aliran Air Terjun Ponot bukan tipe vertikal langsung jatuh, melainkan ada dua hingga tiga tingkatan yang mempercantik tetesan air.

BACA JUGA:Pulau Wangi-wangi, Surganya Pencinta Keindahan Bawah Laut

Deburan air yang jatuh ke batu menyebarkan percikan embun yang langsung membuat hawa terasa sejuk. Banyak wisatawan yang berfoto di sekitar bebatuan tersebut. Tapi ingat, perhatikan aturan berkunjung dari pengelola, sehingga wisata alam di sini tak membahayakan diri.


Air Terjun Ponot, Menyaksikan Ketinggian Air Terjun Tertinggi di Indonesia-Akun Instagram @melalakteros-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: