Intip 5 Keunggulan Motor Listrik Berbasis Baterai Roda Dua

Intip 5 Keunggulan Motor Listrik Berbasis Baterai Roda Dua

Motor Listrik -oto.com-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Di Indonesia, sepeda motor dengan penggerak listrik belum jadi hal yang wajib untuk dimiliki. Hal ini disebabkan karena produsen dan penjual belum banyak mengakomodir.

Kendati demikian penggunaan motor listrik sudah ada sejak  tahun 2019. Saat itu pemerintah mengumumkan peraturan soal pajak berbasis emisi, yang membuat pabrikan motor mulai tertarik untuk menjajakannya.

Hal yang belum banyak diketahui masyarakat Indonesia adalah ternyata Indonesia memiliki bantuan motor listrik subsidi, masyarakat yang telah memenuhi persyaratan sebagai penerima bantuan yang akan mendapatkan potongan harga pembelian kendaraan berbasis baterai roda dua.

BACA JUGA:5 Kelebihan Teknologi Digital Art Dalam Dunia Karya Seni

Dilansir dari laman resmi sisapira.id  Peraturan Menteri Perindustrian No. 6 Tahun 2023 Jo 21 Tahun 2023, tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Dua.

Program ini dibuat dalam rangka menjalankan percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle) untuk transportasi Jalan, serta untuk meningkatkan efisiensi ketahanan energi, konservasi energi sektor transportasi, serta terwujudnya energi bersih, kualitas udara bersih, dan ramah lingkungan.

Maka untuk meningkatkan percepatan ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) roda dua, upaya bantuan dari pemerintahpun dilakukan guna meningkatkan daya beli dan keterjangkauan masyarakat terhadap KBLBB roda dua dengan cara memberikan program bantuan pemerintah untuk pembelian kendaraan bermotor listrik berbasis baterai roda dua.

BACA JUGA:Ingin Uang Jajan Tambahan? Yuk Ikuti Shopee Affiliate Program

Adapun kriteria masyarakat penerima bantuan ini merupakan seluruh masyarakat yang terdaftar di data kependudukan Republik Indonesia.Parogram Bantuan diberikan untuk 1 (satu) kali pembelian KBL Berbasis Baterai Roda Dua yang dilakukan oleh masyarakat dengan 1 (satu) nomor induk kependudukan yang sama.

Pada tahun 2024 daftar motor listrik penerima subsidi  sebesar Rp 7 juta dari pemerintah bertambah satu model. Artinya per 3 Januari 2024, total sudah ada 50 motor listrik bersubsidi yang bisa dipilih konsumen.

Nah, jika ditarik kesimpulan dari tahun 2019 hingga 2024 tentunya ada peningkatan terhadap penggunaan motor listrik, hal ini tak lepas dari berbagai keunggulan yang dimilikinya. Apa saja keunggulan yang dimiliki oleh motor listrik, berikut diantaranya.

BACA JUGA:Aplikasi Discord Bisa Digunakan untuk Menjalin Hubungan Gelap, Sebenarnya Apa Fungsi Awalnya?

1. Lebih Ramah Lingkungan Lebih Ramah Lingkungan

Sepeda motor listrik mengandalkan baterai dan dinamo untuk menggerakkan roda, tanpa dibantu oleh mesin konvensional dalam bentuk apapun.

2. Tidak Perlu Isi Bensin Tidak Perlu Isi Bensin

Tentu, absennya mesin konvensional SPBU jadi tidak perlu disambangi. Cukup cari soket listrik untuk isi ulang baterai. Beberapa merek bahkan akan menyediakan sistem battery swap (tukar baterai).

3. Pengendaraan Lebih Halus Pengendaraan Lebih Halus

Getaran mesin konvensional kerap jadi hal yang mengganggu. Lupakan hal tersebut jika sepeda motor kamu berpenggerak dinamo listrik.

BACA JUGA:Viral! Vizard AI, Edit Video Lebih Mudah, Praktis dan Cepat Viral Menggunakan Teknologi AI

4. Perawatan Lebih Mudah

Pada motor biasa kamu akan dibebani biaya servis rutin seperti ganti oli, filter udara mesin, busi dan sebagainya, maka pada sepeda motor berpenggerak listrik, hal tersebut tidak ada. Tentu ada suku cadang fast moving yang harus diperhatikan seperti rem, ban.

Kamu juga harus diperhatikan adalah kemampuan baterai yang akan terdegradasi seiring berjalannya waktu. Itupun umurnya sangat panjang. Sekali lagi, kamu bisa berhemat secara finansial.

5. Lebih Mudah dan Praktis

Betul, motor matic juga mudah karena tinggal putar gas tanpa harus pindah gigi. Pada sepeda motor listrik, hal yang sama juga berlaku. Apalagi kamu tidak perlu tekan tombol starter untuk menyalakan mesin.

Tinggal ON-kan, langsung jalan. Pengendaraan yang lebih halus akan langsung tersedia. Pengeremannya pun lebih mumpuni. Saat gas ditutup, akan langsung terasa efek deselerasi yang signifikan (drag brake), tanpa tuas rem ditarik.

Demikian informasi mengenai motor listrik di Indonesia dan beberapa keunggulan yang dimilikinya. Motor listrik tentunya menjadi salah satu teknologi yang bisa memberikan dampak yang lebih baik terhadap lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar bensin untuk menggunakannya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: