Gunakan Produk Fermentasi Alami Berikut, Bikin Wajah Bebas Komedo dan Jerawat

Gunakan Produk Fermentasi Alami Berikut, Bikin Wajah Bebas Komedo dan Jerawat

Produk Fermentasi Alami -(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Komedo biasanya muncul dalam 2 bentuk utama, yaitu whiteheads (komedo putih) dan blackheads (komedo hitam).

Komedo merupakan istilah untuk menggambarkan terjadinya penyumbatan kulit akibat penumpukan kotoran di rongga pori-pori, menghasilkan bintik-bintik kecil yang mengakibatkan tekstur kulit menjadi tidak merata. 

Sementara itu, jerawat dapat dikatakan sebagai komedo yang meradang. Jerawat terbentuk akibat kotoran yang tersumbat tadi bereaksi dengan bakteri dan kuman di dalam kulit. 

Reaksi ini kemudian akan memicu kulit melepaskan zat-zat kimia seperti prostaglandin dan leukotrien yang memberi efek radang dan pedih. Dalam prosesnya, akan terjadilah pembengkakan kulit oleh darah dan nanah, yang dikenal sebagai jerawat tadi.

BACA JUGA:Racik Minuman Kolagen Pakai 1 Jenis Buah Ini, Hasilnya Bikin Wajah Bebas Keriput

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa kesehatan pori-pori menjadi salah satu poin kunci untuk menghadapi masalah komedo dan jerawat.

Pasalnya, pori-pori yang secara konstan dalam keadaan terbuka akibat produksi sebum berlebih akan kotoran mudah menempel di kulit. 

Apabila tidak dibersihkan dengan baik, maka pori-pori akan rentan tersumbat dan akhirnnya menimbulkan kedua problematika di atas.

Untuk mengatasi masalah ini, maka penting agar bagaimana pori-pori kulit selalu berada dalam keadaan bersih dan rapat. 

BACA JUGA:Bikin Glowing dan Bebas Kerutan, Pakai Masker Alami dari Bahan Bubuk Berikut

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai solusi alternatif yang efektif mengatasinya. Salah satunya adalah menggunakan campuran yogurt bersama kunyit dan madu.

Yogurt telah dikenal sebagai bahan alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Ini karena komponen di dalamnya yang kaya akan asam laktat, protein, vitamin B, kalsium, dan probiotik.

Asam laktat dalam yogurt bertindak sebagai eksfolian alami, membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merapatkan pori-pori besar di wajah. 

Selain itu, komponen probiotik, vitamin B, dan kalsium di dalamnya berperan efektif dalam menguatkan skin barrier sehingga kulit tetap bersih dan kencang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: