Mengenal Beberapa Mitos Air Terjun Way Lalaan Lampung

Mengenal Beberapa Mitos Air Terjun Way Lalaan Lampung

Mengenal Beberapa Mitos Air Terjun Way Lalaan, Lampung -Akun Insatagram @pesona.tanggamus-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jika kamu berkunjung ke Lampung tak lengkap rasanya jika kamu tidak berkunjung ke Air Terjun Way Lalaan.

Keunikan air terjun yang satu ini berada di kaki Gunung Tanggamus Lampung sehingga menawarkan pemandangan alam yang indah. 

Air terjun ini memiliki tingkatan air yang menawarkan pemandangan yang  memukau, dengan air mengalir dari aliran Way Lalaan yang bermuara ke Teluk Semangka. Setiap tingkat air terjun memiliki jarak sekitar 200 meter, dan tumpahan airnya mencapai ketinggian sekitar 11 meter. Air Terjun Way Lalaan juga terkenal dengan beberapa mitosnya. 

Tahukah kamu, Air Terjun Way Lalaan sudah ada sejak tahun 1937, pada masa pemerintahan kolonial Belanda. Pemerintah Belanda telah membangun tangga semen menuju lembah air terjun ini, sehingga memberikan akses yang lebih mudah bagi para pengunjung.

BACA JUGA:Berkunjung ke Desa Wisata Ketapanrame, Pemenang Desa Terbaik dan Terfavorit ADWI 2023

Air Terjun Way Lalaan berada di Desa Pekon Kampungbaru, Kecamatan Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Akses ke air terjun ini cukup mudah, hanya berjarak sekitar 8 kilometer dari Kotaagung, ibu kota Kabupaten Tanggamus, atau sekitar 80 kilometer (sekitar 1,5 jam perjalanan) dari Kota Bandar Lampung.

Untuk mencapai Air Terjun Way Lalaan, pengunjung dapat mengemudi selama sekitar 15 menit dari Batu Keramat ke Pekon Way Lalaan. Selanjutnya, mereka perlu masuk sekitar 300 meter dari sisi kiri jalan raya lintas Barat Sumatera (Jalinbarsum) Bandar Lampung ke Kota Agung hingga mencapai pintu gerbang.


Mengenal Beberapa Mitos Air Terjun Way Lalaan, Lampung -Akun Insatagram @lampunginsta-

Secara harafiah nama Way Lalaan yang diambil dari bahasa Lampung; way berarti air atau sungai, Lalaan berasal dari kata Lala yang artinya pedas, sehingga Way Lalaan itu memiliki arti “air atau sungai pedas“.  Ada kisah yang cukup menarik dengan penamaan air terjun ini.

Way dalam bahasa Lampung berarti air/sungai. Konon penamaan Way Lalaan sendiri untuk menyeimbangkan nama air tejun yang terletak di sebelah selatan Air Terjun Way Lalaan yakni Air Terjun Way Kandis. Jika Way berarti Air/Sungai, maka kandis dalam bahasa Lampung berarti asam atau kecut.

BACA JUGA:Menikmati Keindahan Pulau Peucang di Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon Banten

Tahukah kamu?  Konon air terjun yang satu ini memiliki beberapa mitos diantaranya, 

1. Mitos Air Mata Bidadari Air Terjun Way Lalaan

Air yang keluar dari celah-celah dinding bebatuan di Air Terjun Way Lalaan ini dipercaya sebagai air mata bidadari. Konon, jika orang mandi maupun membasuh muka dengan air mata bidadari itu makaorang tersebut akan tambah cakep, tambah ganteng bagi pria, tambah cantik bagi wanita, dan air mata bidadari juga dipercaya bisa membikin awet muda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: