Bernostalgia Mencicipi Kue Dollar Khas Surabaya

Bernostalgia Mencicipi Kue Dollar Khas Surabaya

Kue Dollar khas Surabaya -Akun Instagram @kuwehdollar-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Di Indonesia ada berbagai kue jadul yang bisa membawa kita merasakan suasana nostalgia yang seakan memutar waktu kembali ke masa kecil. Salah satu kue jadul yang bisa kamu jadikan panganan pilihan untuk merasakan nuansa nostalgia masa kecil adalah kue Dollar.

Namanya cukup unik, akan terlintas pertanyaan apakah kue ini  bisa membuat kita kaya? Bagaimana kue yang satu ini beri nama dollar? Nah, artikel ini akan mengulas tentang kue dollar. Penasarankan, yuk simak ulasan berikut ini ! 

Kue dollar merupakan kue khas kota Surabaya, Jawa Timur. Karena bentuk kue yang bulat dan gepeng serta berwarna coklat, layaknya uang koin logam jadul maka dari itu kue ini sering dikenal dengan kue Dollar. 

BACA JUGA:Tergeser Makanan Kekinian, Pais Jajanan Tradisional Khas Kalimantan Selatan yang Mulai Terlupakan

Meskipun memiliki tampilan yang sederhana, dijamin kue ini kaya akan rasa, membuat siapapun yang mencoba akan ketagihan. Cita rasa kue dollar sangat yang legit, dan renyah karena dibuat dari adonan terigu dan telur, membuat kue dollar selalu diburu pembeli.

Kue yang sudah berumur puluhan tahun ini biasanya dijadikan camilan sebagai teman minum teh ataupun kopi. Sayangnya, hadirnya beragam jajanan baru membuat cemilan yang satu ini cukup sulit ditemukan.

Bahan untuk membuat kue ini pun sederhana, yakni tepung beras, telur, kacang tanah yang sudah dihaluskan, gula aren, serta Bahan-Bahan lainnya.

Para pembuat kue ini akan meneteskan sedikit adonan dan kemudian menjepitnya dengan mesin yang berupa lempengan besi selama beberapa detik. Lempengan besi tersebut sebelumnya telah diolesi mentega agar membuat adonan tidak lengket.

BACA JUGA:Secret Garden Coffee and Chocolate, Wisata Kuliner dengan Spot-spot Instagramable di Yogyakarta

Salah satu produsen kue dollar tertua di Surabaya adalah Kuweh Dollar Tjap Masin. Usaha ini sudah dimulai sejak 1936

Toko kue dollar yang satu ini merupakan salah satu produsen kue dolar yang paling terkenal. Toko ini berlokasi di Pasar Atom, Jalan Bunguran, No. 45, Surabaya, Jawa Timur.

Toko Kuweh Dollar Tjap Masin masih menggunakan mesin pencetak super besar dan super jadul. Saat kamu ke toko Kuweh Dollar Tjap Masin kamu bisa melihat secara langsung proses produksi dari kue dollar.

Di sini mereka menjual aneka rasa kue dollar. Mulai dari yang original, hingga rasa jahe, matcha, vanila, coklat, kacang tanah, keju, pisang, almond, wijen, dan durian.

Selain menjual kue dollar, kamu juga bisa menemukan jajanan jadul lainnya sebagai oleh-oleh. Jangan lupa, harga yang dibanderol untuk kue dollar hanya sekitar  Rp 26.000 /150 gram. Kue Dollar wajib kamu masukkan ke dalam list oleh-oleh pilihan saat berkunjung ke Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: