Wajib Tahu! Kenali Gejala Autoimun pada Wanita!

Wajib Tahu! Kenali Gejala Autoimun pada Wanita!

Saat ini, para dokter dan dunia penelitian belum tahu persis apa yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh dapat menyerang balik.--

Penyakit lupus paling familiar dan banyak kasus terjadi dan sebagian besar menyerang kaum perempuan. Pada penyakit ini, sistem imun akan menyerang berbagai organ tubuh, mulai dari sendi, kulit, lapisan pelindung paru-paru, hingga ginjal dan merusak fungsinya. Hal tersebut dapat menyebabkan komplikasi pada organ penting manusia.

Contoh lain adalah multiple sclerosis yang menyerang sistem saraf pusat sehingga cukup berbahaya karena akan sangat berpengaruh pada koordinasi fungsi tubuh, kemudian pada penyakit celiac yang menyerang saluran pencernaan.

Meskipun sebagian besar penyakit autoimun tidak akan hilang, namun pada dasarnya penyakit autoimun tidak berbahaya jika kamu mendapatkan pengobatan yang tepat dan maksimal.

Terutama bagi wanita dengan penyakit autoimun dapat tetap menjalani kehidupan yang seutuhnya dan aktif. Namun, penting untuk menemui dokter yang berspesialisasi dalam jenis penyakit ini, mengikuti rencana perawatan dengan pantauan dokter, dan menerapkan gaya hidup sehat.

BACA JUGA:Pakai Masker Berbahan Daun Ini, Trik Atasi Wajah Keriput Terlihat Awet Muda

Cara menangani penyakit autoimun pada Wanita
Perawatan utama untuk penanganan penyakit ini adalah menggunakan obat-obatan. Meskipun tidak sepenuhnya dapat menyembuhkan penyakit autoimun, tetapi dapat mengontrol respons imun yang terlalu aktif dan menurunkan peradangan atau setidaknya mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati kondisi ini meliputi:
Obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen (Motrin, Advil) dan naproxen (Naprosyn)
Obat penekan kekebalan
Perawatan untuk meredakan gejala seperti nyeri, bengkak, kelelahan, dan ruam kulit. Mengonsumsi makanan yang seimbang dan berolahraga secara teratur juga dapat membantu kamu merasa lebih baik. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: