Uang Kertas Kuno ini Incaran Kolektor, Nilainya Fantastis Bisa Mencapai Miliaran

Uang Kertas Kuno ini Incaran Kolektor, Nilainya Fantastis Bisa Mencapai Miliaran

Uang kertas incaran kolektor-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Uang kuno telah menjadi salah satu barang antik yang sering menjadi buruan kolektor. Meskipun sulit untuk ditemukan dan memiliki harga yang tinggi, minat terhadap uang kuno, khususnya uang kertas, sangat besar.

Berikut adalah sejumlah uang kertas kuno di Indonesia dan di seluruh dunia yang memiliki harga fantastis.

1. Uang Kertas Rp100

Uang kertas pecahan Rp100 berwarna merah terang dengan gambar perahu layar mulai digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak 28 Desember 1992.

Meskipun uang ini telah ditarik dari peredaran dan dihentikan penggunaannya pada tahun 2000, namun masih menjadi incaran para kolektor uang kuno.

Untuk mendapatkan uang ini, Anda perlu menyediakan sejumlah uang dalam kisaran Rp10 ribu hingga ratusan ribu rupiah. Harga tertinggi yang tercatat di situs jual beli online untuk uang ini mencapai Rp300 ribu per lembar.

BACA JUGA:Berikut 10 Jenis Uang Kuno Termahal di Indonesia

2. Uang Kertas 1.000 Gulden

Pecahan ini merupakan alat pembayaran sah di masa kolonial Belanda. Memiliki gambar wayang, uang yang dikeluarkan langsung oleh De Javasche Bank pada sekitar tahun 1933 hingga 1939 dan jadi alat Tukar resmi Hindia Belanda.

Pecahan ini jarang ditemukan di Indonesia saat ini. Itulah yang menyebabkan uang ini diburu kolektor. Sejumlah sumber mengatakan uang ini bisa didapat dengan harga Rp100 juta per lembarnya.

3. Uang kertas US$1000

Pecahan asal Amerika Serikat ini dirilis kisaran tahun 1890. Lantaran dinilai sebagai uang yang cukup tua dan kuno, pecahan ini dilelang dengan harga mencapai US$3,29 juta atau setara dengan Rp49,3 miliar (asumsi kurs Rp15.000 per dolar AS).

4. Uang Kertas 100 Pound Selandia Baru

Pada 1840, Selandia baru menggunakan pound sebagai mata uang resmi sebelum berganti menjadi dolar pada 1967. Inilah yang menjadi penyebab uang kertas 100 pound dari selandia baru diincar sejumlah kolektor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: