Menjelajahi Taman Nasional Baluran,The Little Afrika di Jawa Timur

Menjelajahi Taman Nasional Baluran,The Little Afrika di Jawa Timur

Taman Nasional Baluran Jawa Timur- Akun Instagram @btn_baluran -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pernahkah kamu melihat padang savana yang ada di Afrika yang memiliki pemandangan yang esksotis. Nah di Indonesia tepatnya di Jawa Timur ada juga destinasi wisata layaknya padang savana yang ada di Afrika. 

Destinasi ini bernama Taman Nasional Baluran ( TNB). Saat kamu berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini kamu akan merasakan suasana liburan yang berbeda.

Kamu akan menjadi petualang karena kamu bisa menjelajahi beberapa tempat menarik yang menawarkan vibes berbeda disetiap tempat, bahkan, hampir semua lokasinya bisa dijadikan latar foto yang indah. 


Rusa yang berada di Taman Nasional Baluran Jawa Timur-Akun Instagram @btn_baluran -

Taman Nasional Baluran berada di Area Hutan Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Rute menuju Taman Nasional Baluran bisa kamu lalui menggunakan beberapa akomodasi seperti mobil, bus, dan kereta api.

BACA JUGA:Bukit Kapur Arosbaya, Destinasi Wisata Unik di Pulau Madura

Beberapa tempat yang wajib kamu sambangi ketika berkunjung ke TNB diantaranya ada Hutan Evergreen dan Savana Bengkol serta Pantai Bama. Nah, jika kamu menyambangi Hutan Evergreen kamu akan di suguhkan pemandangan hampran hijaunya rumput yang tumbuh subur. Hutan ini juga dikenal dengan hutan abadi kerena kondisinya yang selalu hijau dan subur. Bahkan, ada pula aliran sungai yang biasanya digunakan cadangan air untuk tumbuhan.

Kamu akan merasakan suasana yang sejuk dan asri sehingga kamu betah berlama-lama saat berada disini. Meskipun cuaca di hutan Evergreen sedang terik, tempat eksotis ini bisa jadi sarana berteduh yang tepat, ditambah panorama sekitar hutan dihiasi dengan Gunung Ijen yang tampak gagah.


Rusa dan Burung Merak yang ada di Taman Nasional Baluran -Akun Instagram @btn_baluran -

Setelah Menjelajahi hutan Evergreen kamu juga harus menyambangi Savana Bengkol. Tempat inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke TNB karena suasananya mirip seperti padang savana yang ada di Afrika. 

BACA JUGA:Menikmati dan Menelususri Asal Usul Keindahan Telaga Biru Cirerem

Savana Bengkol juga sering disebut sebagai " The Little Africa", karena suasananya yang benar-benar membuat para pengunjung seperti berada di Afrika. Ditambah dengan adanya hewan-hewan seperti rusa yang hilir mudik berlari di sekitar kawasan Savana Bangkol menambah ke esksotisan savana yang satu ini. 

Tak hanya rusa ada hewan lain seperti merak, berbagai jenis burung, kerbau, macan, sapi hingga banteng. 

Jika hutan Evergreen tidak pernah kering dan selalu subur, Savana Bekol bersifat musiman, dalam artian jika musim hujan, kawasan ini punya pesona hijau yang memukau. Bahkan, kamu bisa menemukan rusa sedang memakan rerumputan saat musim hujan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: