Ini Keunggulan dan Kelemahanya Knalpot Racing Titanium

Ini Keunggulan dan Kelemahanya Knalpot Racing Titanium

para pelaku balap lebih memilih knalpot berbahan dasar titanium untuk diaplikasikan pada kuda pacunya--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebagai komponen yang berperan penting dalam sistim pembakaran. Knalpot memiliki fungsi yang begitu penting, diantaranya, menjadi media peredam aliran gas buang dari ruang bakar, sebagai filtrasi gas buang, hingga meningkatkan ledakan tenaga pada kendaraan.

BACA JUGA:Ini Dia Keunggulan All New Yamaha R15 2024

Akhir-akhir ini sedang booming knalpot berbahan dasar titanium, disinyalir materil ini lebih ringan dan mampu meningkatkan performa pada kendaraan.Dengan segudang keunggulanya, knalpot berbahan dasar titanium masih menjadi opsi pertama pada balap motor terbesar di dunia, MotoGP.

BACA JUGA:Honda NC750X 2024: Motor Petualang dengan Harga Terjangkau

Perlu digaris bawahi, dibalik keunggulanya, elemen yang akrab sebagai bahan dasar knalpot ini juga memiliki kelemahan. Yuk, simak sampai selesai. Oke, kita bakal ulik apa itu material titanium, mengapa material ini begitu diminati dan apa keunggulan material ini dibanding bahan lain.

Elemen yang tempati kolom nomer 22 pada tabel periodik ini memiliki kekuatan lebih jika dibangkan dengan besi dan dua kali lebih kuat dari allumunium (Menurut uji laboratorium Los Alamos), lebih tahan korosi, dan jika dibandingkan dengan besi elemen ini lebih ringan. Tak heran jika material unggul ini, begitu diminati sebagai bahan dasar dari berbagai produk terutama knalpot.

BACA JUGA:Antisipasi Jembatan Elevated DTTS Jadi Area Balap Liar, Ini Langkah DPUPR

Keunggulan yang pertama titanium lebih baik saat menyerap panas, bahkan dalam suhu panas tertentu (ekstrim), knalpot berbahan titanium dapat berubah warna menjadi kebiruan. Hal ini juga yang menjadi ciri khas knalpot titanium

Kedua titanium lebih tahan terhadap korosi bahkan jika terkena air laut sekalipun. Ketiga bobot titanium lebih ringan dibandingkan dengan material seperti besi aluminium, galvanis dan stainless. Keempat material ini lebih cepat melepas panas, jadi tidak heran jika para pelaku balap lebih memilih knalpot berbahan dasar titanium untuk diaplikasikan pada kuda pacunya.

BACA JUGA:Nikmati Keindahan Kebun Teh Kabawetan dengan Bermain Skuter Listrik

Sedangkan untuk kekuranganya, material ini terbilang mahal jika dibandingkan dengan material lain. Karena sifat titanium yang sangat kuat menjadikan material ini sulit untuk di cor (dibentuk), itulah yang menyebabkan mengapa harga muffler berbahan dasar titanium begitu mahal.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: