Ini Dia Keunggulan All New Yamaha R15 2024

Ini Dia Keunggulan All New Yamaha R15 2024

All New Yamaha R15 adalah pilihan yang cocok untuk pengendara yang mengutamakan performa, fitur, dan desain yang canggih dan sporty--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Motor sport full fairing 150cc menjadi salah satu segmen yang paling diminati oleh para pecinta adrenalin di Indonesia. Tiga pabrikan Jepang, yaitu Yamaha, Honda, dan Suzuki, bersaing ketat untuk menawarkan produk terbaik mereka di kelas ini.

Baru-baru ini, Yamaha meluncurkan All New Yamaha R15, generasi terbaru dari Motor andalan mereka yang memiliki banyak fitur canggih dan desain baru. Lalu, bagaimana jika dibandingkan dengan dua kompetitornya, yaitu Honda CBR150R dan Suzuki GSX-R150? Siapa yang lebih unggul di antara ketiganya? Mari kita simak ulasan berikut ini.

BACA JUGA:Honda NC750X 2024: Motor Petualang dengan Harga Terjangkau

All New Yamaha R15 hadir dengan desain baru yang lebih sporty dan agresif. Motor ini mengadopsi gaya R Series dari Yamaha, dengan lampu depan ganda yang terpisah, fairing yang aerodinamis, dan shroud tangki yang lebar.

All New Yamaha R15 juga memiliki dua varian warna, yaitu Icon Blue dan Tech Black, serta satu varian khusus, yaitu R15M Connected-ABS, yang memiliki warna Icon Performance dan Yamaha World Grand Prix 60th Anniversary livery. Honda CBR150R juga memiliki desain yang sporty dan elegan, dengan lampu depan yang terbagi menjadi dua kluster, DRL di atas lampu utama, dan fairing yang ramping.

Honda CBR150R memiliki empat varian warna, yaitu Victory Black Red, Honda Racing Red, Matte Gunpowder Black Metallic, dan MotoGP Edition. Suzuki GSX-R150 memiliki desain yang lebih sederhana dan klasik, dengan lampu depan tunggal yang sudah menggunakan LED, fairing yang tipis, dan tangki bahan bakar tanpa cover.

BACA JUGA:Harganya Bikin Melongo! Inilah Vespa SS90 Termahal di Dunia

Suzuki GSX-R150 memiliki lima varian warna, yaitu Stronger Red Black, Brilliant White, Titan Black, Metallic Triton Blue, dan MotoGP Edition.

Fitur dan Teknologi
All New Yamaha R15 memiliki banyak fitur canggih yang membuatnya menjadi motor sport full fairing terlengkap di kelasnya. Beberapa fitur unggulan yang dimiliki All New Yamaha R15 adalah:

Full digital speedometer dengan smart cockpit design yang menampilkan berbagai informasi, seperti odometer, trip meter, jam, indikator bahan bakar, indikator posisi gigi, shift light, dan lain-lain.

Y-Connect, sebuah teknologi yang memungkinkan pengendara menghubungkan motor dengan smartphone melalui Bluetooth. Dengan fitur ini, pengendara bisa mendapatkan notifikasi panggilan masuk, pesan, dan email di speedometer, serta melihat data performa motor, seperti konsumsi bahan bakar, jarak tempuh, dan lain-lain.

BACA JUGA:Rasulullah Suka Membasahi Rambut dengan Air Hujan, dr Zaidul Akbar Jelaskan Manfaat dari Segi Medis

Traction Control System (TCS), sebuah sistem yang membantu mengontrol putaran roda belakang agar tidak selip saat akselerasi. Fitur ini bisa diaktifkan dan dinonaktifkan sesuai kebutuhan pengendara. Dual Channel Anti-lock Braking System (ABS), sebuah sistem yang mencegah roda mengunci saat pengereman mendadak, sehingga meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.

Big Bike Engine Switch Off, sebuah tombol 3 in 1 yang berfungsi sebagai cut off/on, starter engine, dan hazard. Fitur ini membuat pengoperasian motor lebih praktis dan mudah. Suspensi depan Up Side Down (USD), yang memberikan handling dan pengendalian yang lebih baik, serta membuat motor terlihat lebih gagah.

Honda CBR150R juga memiliki beberapa fitur canggih yang membuatnya menjadi motor sport full fairing yang tangguh dan modern. Beberapa fitur unggulan yang dimiliki Honda CBR150R adalah:

Full digital speedometer dengan multi information display yang menampilkan berbagai informasi, seperti odometer, trip meter, jam, indikator bahan bakar, indikator posisi gigi, shift light, dan lain-lain.

Emergency Stop Signal (ESS), sebuah fitur yang membuat lampu hazard menyala secara otomatis saat pengereman mendadak. Fitur ini hanya tersedia di varian ABS.

BACA JUGA:Dengan Bahan Pemanis Ini, Cara Alami Bersihkan Kotoran Penyebab Komedo Di Wajah

Anti-lock Braking System (ABS), sebuah sistem yang mencegah roda mengunci saat pengereman mendadak, sehingga meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara. Fitur ini hanya tersedia di varian ABS.

Assist/Slipper Clutch, sebuah fitur yang membuat kopling lebih ringan dan halus saat pergantian gigi, serta mencegah roda belakang selip saat downshift. Fitur ini membuat berkendara lebih nyaman dan stabil.

Suzuki GSX-R150 juga memiliki beberapa fitur canggih yang membuatnya menjadi motor sport full fairing yang responsif dan efisien. Beberapa fitur unggulan yang dimiliki Suzuki GSX-R150 adalah:

Full digital speedometer dengan LCD display yang menampilkan berbagai informasi, seperti odometer, trip meter, jam, indikator bahan bakar, indikator posisi gigi, shift light, dan lain-lain.

Keyless Ignition System, sebuah fitur yang memungkinkan pengendara menyalakan motor tanpa menggunakan kunci, cukup dengan membawa remote control di saku. Fitur ini membuat pengoperasian motor lebih canggih dan aman.

BACA JUGA:Amalkan 3 Zikir Pendek Ini Setelah Sholat Magrib, InsyaAllah Terhindar dari Siksa Neraka

Anti-lock Braking System (ABS), sebuah sistem yang mencegah roda mengunci saat pengereman mendadak, sehingga meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara. Fitur ini hanya tersedia di varian ABS.

Easy Start System, sebuah fitur yang membuat motor bisa distarter dengan sekali tekan tombol, tanpa perlu menahan. Fitur ini membuat pengoperasian motor lebih mudah dan cepat.

Performa dan Spesifikasi
All New Yamaha R15, Honda CBR150R, dan Suzuki GSX-R150 sama-sama menggunakan mesin 150cc 4-tak DOHC 4-katup dengan sistem injeksi bahan bakar. Namun, ada beberapa perbedaan di antara ketiganya, baik dari segi output maupun transmisi. Berikut adalah tabel perbandingan performa dan spesifikasi ketiga motor tersebut.

Namun, All New Yamaha R15 juga memiliki berat kosong yang paling berat, jarak sumbu roda yang paling panjang, dan tinggi tempat duduk yang paling tinggi, yang bisa mempengaruhi kelincahan dan kenyamanan berkendara.

BACA JUGA:Ini Dia Tradisi Natal di Indonesia yang Unik dan Beragam

Honda CBR150R memiliki output daya dan torsi yang paling rendah di antara ketiganya, namun memiliki kapasitas tangki bahan bakar yang paling besar, jarak terendah ke tanah yang paling tinggi, dan tinggi tempat duduk yang paling rendah.

Honda CBR150R juga memiliki fitur ESS dan Assist/Slipper Clutch yang tidak dimiliki oleh dua kompetitornya. Namun, Honda CBR150R juga memiliki jarak sumbu roda yang paling pendek, yang bisa mempengaruhi stabilitas dan kestabilan berkendara.

Suzuki GSX-R150 memiliki output daya dan torsi yang paling tinggi di antara ketiganya, namun memiliki kapasitas tangki bahan bakar yang paling kecil, jarak terendah ke tanah yang paling rendah, dan berat kosong yang paling ringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: