Bolehkah Sholat Isya Tengah Malam Sekaligus Tahajud, Ini Kata Buya Yahya

Bolehkah Sholat Isya Tengah Malam Sekaligus Tahajud, Ini Kata Buya Yahya

Buya Yahya jelaskan hukum sholat isya yang dilakukan tengah malam sebelum melaksanakan tahajud-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Sholat Isya adalah salah satu kewajiban dalam beribadah dengan menunaikan shalat pada waktu malam.

Tidak seperti sholat fardhu lainnya yang memiliki durasi yang relatif singkat, sholat Isya memiliki rentang waktu pelaksanaan yang lebih luas.

Bagaimanapun, panjangnya rentang waktu sholat Isya seringkali membuat sebagian umat Muslim menunda pelaksanaannya hingga larut malam.

BACA JUGA:Bila Terjadi Gempa Saat Sholat, Apakah Diteruskan atau Justru Berhenti, Ini Kata Buya Yahya

BACA JUGA:Bolehkah Membaca Doa Yang Tak Dipahami Artinya, Berikut Jawaban Buya Yahya

Beberapa orang memilih menunda sholat Isya hingga larut malam agar bisa menjalankannya bersamaan dengan sholat Tahajud sebagai bentuk ibadah yang lebih utuh.

Sholat Tahajud dikenal memiliki waktu-waktu terbaik yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.

Sebagian orang memilih menunda pelaksanaan sholat Isya hingga mendekati akhir waktu agar dapat lebih mudah melanjutkan sholat Tahajud pada waktu terbaik, yaitu sepertiga malam atau setengah malam akhir.

Kemudian bolehkan kita menunda sholat isya hingga larut malam agar bisa melaksanakan sholat tahajud setelahnya.

Terkait dengan hal tersebut, dalam sebuah video kajiannya, Yahya Zainul Ma'arif, Pengasuh Lembaga Pengembangan Da'wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah di Cirebon, membicarakan mengenai masalah hukum pelaksanaan sholat Isya pada waktu larut malam yang juga bisa digabung dengan sholat tahajud.

Buya Yahya, seorang ustadz yang lebih dikenal dengan sebutan Buya Yahya, memulai pembahasan ini dari pertanyaan yang diajukan oleh salah satu jamaah.

Hal tersebut disampaikan oleh Buya Yahya dala suatu ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Buya Yahya.

Dalam rekaman video tersebut, seorang jamaah menyampaikan bahwa dia mengalami kesulitan untuk bangun pada malam hari guna melaksanakan sholat tahajud.

Tetapi, dia mengungkapkan bahwa jika dia menunda pelaksanaan sholat Isya hingga waktu akhir, dia dapat bangun pada saat itu dan dengan demikian dapat menunaikan sholat tahajud secara bersamaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: