8 Tips Merawat Burung Murai Batu Agar Suaranya Lantang

8 Tips Merawat Burung Murai Batu Agar Suaranya Lantang

Tips Merawat Burung Murai agar bersuara lantang-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

Pertama, memandikan burung murai batu pada malam hari dapat membantu mengendalikan birahi burung dengan membuatnya menjadi lebih rileks.

Selanjutnya, mandi juga dapat membantu meningkatkan kualitas suara murai batu, menjadikannya lebih lantang.

Namun, sebelum memandikan murai batu, pastikan bahwa burung tersebut dalam kondisi sehat dan tidak sedang mengalami masa mabung, karena hal tersebut dapat memperburuk kondisinya. Dengan memperhatikan hal-hal ini, Anda dapat memastikan bahwa proses mandi memberikan manfaat maksimal bagi kesejahteraan dan kualitas kicauan murai batu Anda.

8. Menjemur Burung Murai Batu

Disarankan agar durasi penjemuran burung murai batu berkisar antara 1 hingga 3 jam saja, dan penting diingat bahwa burung tersebut tidak boleh terpapar langsung oleh sinar matahari.

Menjemur murai batu merupakan langkah penting, terutama menjelang perlombaan jika Anda ingin murai batu kesayangan Anda tampil maksimal.

Sinar matahari yang diterima oleh burung saat dijemur dapat memengaruhi produksi hormon, seperti testosteron untuk jantan dan estrogen untuk betina. Kadar hormon yang tepat dapat meningkatkan keaktifan berkicau murai batu.

BACA JUGA: Ini Dia Jenis Burung Murai Batu Paling Banyak Diminati Pecinta Kicau Mania

BACA JUGA:Pemilik Weton Ini Sangat Cocok untuk Pelihara Burung Kacer

Selain itu, sinar matahari juga memiliki efek antimikroba, membantu melawan jamur dan penyakit pada tubuh burung, serta meningkatkan metabolisme, memperbaiki penyerapan nutrisi dan distribusi sari makanan.

Meskipun demikian, perlu diingat untuk tidak menjemur burung terlalu lama, karena hal tersebut dapat menyebabkan stres pada burung.

Menjaga durasi penjemuran yang tepat adalah kunci untuk memberikan manfaat optimal bagi kesehatan dan performa murai batu Anda.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: