Jangan Panik! Ini Dia Penyebab dan Gejala Bayi Kuning

Jangan Panik! Ini Dia Penyebab dan Gejala Bayi Kuning

Menguningnya kulit dan bagian putih mata merupakan tanda utama penyakit kuning pada si kecil yang biasanya muncul pada hari kedua setelah lahir.--

Sebelum mengetahui cara mengatasi bayi kuning, orangtua juga perlu mengenali terlebih dahulu bayi kuning karena apa. Sebenarnya penyakit kuning ringan biasanya akan sembuh dengan sendirinya saat hati si kecil sudah optimal. Sering menyusui (setidaknya 8 kali sehari) akan membantu bayi melewati bilirubin melalui tubuh.

Jika kadar bilirubin bayi tergolong tinggi atau terus meningkat, dokter mungkin merekomendasikan perawatan fototerapi. Fototerapi atau terapi cahaya adalah metode pengobatan umum dan sangat efektif untuk memecah bilirubin dalam tubuh bayi dengan menggunakan cahaya.

Dalam fototerapi, bayi akan diletakkan di tempat tidur khusus di bawah sinar spektrum biru dengan hanya mengenakan popok dan kacamata pelindung khusus. Selimut serat optik juga dapat diletakkan di bawah bayi. Dalam kasus yang sangat parah, transfusi mungkin diperlukan. Dalam prosedur ini, bayi akan menerima sejumlah kecil darah dari hasil donor atau bank darah.

BACA JUGA:Memiliki Tipikal Wajah Dengan Kulit Kering, Berikut Rekomendasi Serum Untuk Kulit Kering

Tujuan prosedur tersebut menggantikan darah bayi yang rusak dengan sel darah merah yang sehat. Selain itu, juga meningkatkan jumlah sel darah merah bayi dan mengurangi kadar bilirubin. Dengan mengetahui alasan bayi kuning karena apa, orang tua dapat segera memberikan pertolongan pada bayi apabila si kecil mengalami kondisi yang serius.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: