Perlukah Ibu Melakukan Pemakaian Korset setelah Melahirkan Bayi?

Perlukah Ibu Melakukan Pemakaian Korset setelah Melahirkan Bayi?

Penggunaan korset biasanya dibarengi dengan pola hidup yang sehat, seperti menjalani diet dan berolahraga rutin.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tak bisa dipungkiri, setelah bersalin perut Moms akan tampak bergelambir. Hal ini karena tubuh mengalami pemisahan otot-otot perut saat hamil alias diastasis rectic. Sayangnya, otot ini tidak dapat kembali seperti semula sehingga mengganggu penampilan. Lalu, perlukah pemakaian korset setelah melahirkan?

Biasanya untuk mengatasi perut buncit, perempuan mengandalkan pemakaian korset setelah melahirkan agar perut terasa kencang dan kembali seperti semula. Namun, apakah ada efek samping jika korset dipakai terus-menerus? Yuk, cek faktanya di artikel ini.

BACA JUGA:Pakai Sistem Injeksi, Kawasaki Siapkan Motor Sport Retro W175 Model Baru

Postpartum belly band atau dikenal dengan korset umum digunakan selama masa kehamilan dan pasca persalinan. Semasa hamil, korset berguna untuk menyanggah perut sehingga ibu merasa nyaman dan mengurangi nyeri punggung.

Beberapa orang percaya bahwa ada beragam manfaat pemakain korset setelah melahirkan, yaitu:

1. Membantu mempertahankan otot
Ibu hamil mengalami perubahan bentuk tubuh seperti kekuatan otot punggung dan perut menurun. Belly binding atau korset akan memberikan dukungan untuk bergerak dan berjalan pasca bersalin yang biasanya jadi aktivitas menantang. Belly binding berfungsi mengikat perut sehingga mudah menjalani kegiatan dengan normal.

2. Mengurangi nyeri
Setelah persalinan, Moms memasuki masa nifas yang biasanya menyebabkan nyeri akibat kontraksi rahim. Dengan menggunakan korset, dipercaya nyeri punggung dan nifas akan mereda. Jadi, tidak harus memijat bagian perut setiap saat.

BACA JUGA:Inilah 8 Weton yang Bakal Kaya Raya dan Punya Aura Bintang Alami

3. Memperbaiki postur tubuh
Bentuk tubuh biasanya berubah seiring usia kehamilan, perubahan ini bisa diminimalisir dengan penggunaan korset. Postur tubuh tidak bisa langsung kembali seperti semula, korset dapat membantu menopang area pinggang, perut, dan punggung, agar tampak lebih baik.

4. Mengurangi risiko pembengkakan luka operasi
Korset juga bisa untuk memberikan kenyamanan setelah operasi caesar. Korset membantu mengamankan bagian sayatan C-section dan meminimalisir pembengkakan sehingga mempercepat penyembuhan.

5. Membantu organ ketempat semula
Organ dalam bergeser seiring pertumbuhan janin, setelah melahirkan organ tersebut memerlukan waktu untuk bisa kembali ke tempatnya. Organ bergerak karena memberikan ruang bagi janin berkembang. Dengan korset, maka mempercepat proses dengan cara alami.

BACA JUGA:Inilah 4 weton yang Diramalkan Jadi Jutawan Sejak Muda di Usia 20-30 tahun

6. Mengembalikan ukuran rahim
Rahim berkembang sesuai ukuran janin. Setelah bayi lahir, maka ukurannya jadi berubah. Korset membuat uterus kembali elastis, mencegah pembengkakan, mengurangi kelebihan cairan, serta mempercepat pemulihan.

Sebenarnya penggunaan korset masih menimbulkan pro dan kontra. Sebagian menganggap korset dapat mengganggu karena ikatan akan menekan bagian bawah perut. Penggunaan korset juga memerlukan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Berapa jam pemakaian korset yang aman?

Korset dapat digunakan sejak 4-6 minggu setelah melahirkan agar manfaatnya maksimal. Nah, bisa menggunakan korset maksimal 8 jam sehari, tapi pastikan ikatan tidak terlalu ketat agar tetap bisa bernapas dan nyaman bergerak.

BACA JUGA:3 Amalan Agar Rezeki Lancar, Gus Iqdam: Baca Doa Ini Rezeki Akan Datang Terus

Korset membantu menopang tubuh saat ligamen dan otot masih lemah. Biasanya, perempuan menggunakan korset hingga berbulan-bulan agar perubahan pasca bersalin berkurang.

Penggunaan korset biasanya dibarengi dengan pola hidup yang sehat, seperti menjalani diet dan berolahraga rutin. Walaupun memberikan berbagai manfaat, juga perlu tahu risikonya sebelum memutuskan menggunakan korset setelah melahirkan.

Risiko pemakaian korset setelah melahirkan
Salah satu kekhawatiran saat memakai korset adalah tidak bisa bernapas dan susah bergerak. Ini karena sebagian orang menarik kencang ikatan agar perut tidak buncit. Alhasil, perut terasa tertekan. Beberapa tidak ingin merasakan hal ini.

Bisa menjadwalkan penggunaan korset sehingga tidak menggunakannya setiap hari dan agar tetap nyaman digunakan. Selain itu, korset bisa saja mengganggu saat mengenakan pakaian tertentu. Korset membuat tubuh jadi lebih besar sehingga mungkin tidak bisa menggunakan baju yang sering digunakan sebelum hamil.

BACA JUGA:Yayasan AHM dan Taman Pintar Kembangkan Model Pengajaran Safety Riding bersama Guru PAUD

Berikut tips menggunakan korset supaya tetap nyaman di antaranya:

Pilihlah korset yang berpori dan berbahan lembut sehingga memudahkan bernapas dan tidak menggores kulit
Hindari menggunakan korset 24 jam setiap hari
Perhatikan kebersihan korset
Hindari menggunakan korset yang lembap
Carilah ukuran korset yang tepat

BACA JUGA:Astra Honda Racing School Tuntaskan Pelatihan Calon Pebalap Dunia

Nah, itulah manfaat dan risiko pemakaian korset setelah melahirkan. Konsultasikan dengan dokter apabila muncul perdarahan atau rasa tidak nyaman selama pemakaian postpartum belly binding ya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: