Siapa Sebenarnya Santa Claus? Sosok Terkenal Saat Natal Tiba

Siapa Sebenarnya Santa Claus? Sosok Terkenal Saat Natal Tiba

Sosok Santa Claus adalah cara mengenang sosok St. Nicholas yang baik hati yang Natal tiba--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kalian pasti sudah familiar dengan nama Santa Claus. Ia biasanya muncul saat musim liburan akhir tahun atau Natal. Santa Claus sendiri sering digambarkan memiliki badan yang besar dengan jenggot putih. Sebenarnya, bagaimana awal mula adanya Santa Claus? Inilah cerita dan sosok di balik Santa Claus.

BACA JUGA:Terkenal Sebagai Kepala Batu, 5 Weton Ini Sukses Lahirkan Tokoh-tokoh Dunia

Legenda tentang Santa Claus dapat ditelusuri kembali ratusan tahun ke seorang biarawan bernama St. Nicholas. Dipercayai bahwa Nicholas lahir sekitar tahun Masehi 280 di Patara, dekat Myra, yang sekarang berada di Turki modern.

St. Nicholas menjadi subjek banyak legenda karena ia sangat dihormati karena kesalehannya dan kebaikannya. Dikatakan bahwa ia memberikan semua kekayaan yang diwariskan kepadanya dan melakukan perjalanan ke pedesaan untuk membantu orang miskin dan sakit. Salah satu kisah St. Nicholas yang paling terkenal adalah ketika ia menyelamatkan tiga saudari miskin.

BACA JUGA:Yuk Mulai Terapkan! Bukan Weton Apalagi Hoki, Ini 9 Ritual Orang Sukses Sehari-hari

Waktu itu, ketiga saudari hampir dijual menjadi budak atau pelacur oleh ayah mereka, St. Nicholas memberikan mereka mahar sehingga mereka bisa menikah. Seiring berjalannya waktu, popularitas Nicholas semakin meluas, dan dia menjadi dikenal sebagai pelindung anak-anak dan pelaut.

Hari perayaannya dirayakan pada hari kematiannya yaitu 6 Desember. Tangal tersebut secara tradisional dianggap sebagai hari yang keberuntungan untuk melakukan pembelian besar atau menikah. Pada masa Renaisans, St. Nicholas menjadi santo yang paling populer di Eropa. Bahkan setelah Reformasi Protestan.

BACA JUGA:WOW! 8 Weton Tibo Rezeki, Konon Rezeki Mengalir Deras Walau Sedang Tidur

Pada tahun 1804, John Pintard, anggota New York Historical Society, mendistribusikan cetakan kayu St. Nicholas di pertemuan tahunan masyarakat tersebut. Latar belakang ukiran tersebut berisi gambar Santa yang familiar dimasa sekarang, termasuk kaus kaki yang diisi mainan dan buah yang digantung di atas perapian.

Santa Claus abad ke-18 di Amerika bukanlah satu-satunya pemberi hadiah yang terinspirasi oleh St. Nicholas yang muncul pada waktu Natal. Ada tokoh serupa dan tradisi Natal di seluruh dunia. Christkind atau Kris Kringle diyakini memberikan hadiah kepada anak-anak yang berperilaku baik di Swiss dan Jerman.

BACA JUGA:Kaya Raya Sampai Tua! 4 Weton Ini Dianugerahi Wahyu Kemakmuran

Memiliki arti "anak Kristus," Christkind adalah sosok mirip malaikat yang sering menemani St. Nicholas dalam misi liburannya. Di Skandinavia, seorang peri ceria bernama Jultomten diyakini memberikan hadiah dalam kereta luncur yang ditarik oleh kambing. Itu dia cerita di balik sosok Santa Claus yang suka membagikan hadiah saat Natal. Santa Claus adalah cara mengenang sosok St. Nicholas yang baik hati. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: