Kandungan Skincare Yang Tidak Boleh Dicampur Retinol

Kandungan Skincare Yang Tidak Boleh Dicampur Retinol

Bahaya Campurkan Retinol Pada Skincare--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Retinol, merupakan sang primadona dunia skincare, terkenal ampuh mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari kerutan, jerawat, hingga hiperpigmentasi. Namun kekuatannya ini juga menjadi boomerang jika disandingkan dengan kandungan yang tidak tepat.

Oleh sebab itu, jangan asal pakai produk perawatan wajah. Ada beberapa kandungan skincare yang tidak boleh dicampur retinol. 

Untuk itu, sebelum memasukkan retinol ke rutinitas skincari harianmu, penting untuk mengenali berbagai kandungan skincare yang tidak boleh dicampur retinol.

Berikut ini ragam kandungan skincare yang tidak boleh dicampur retinol:

BACA JUGA:Tidak Aman Untuk Ibu Hamil, Skincare Dengan Kandungan Berikut Jangan Dipakai

1. Alpha Hydroxy Acids (AHA) dan Beta Hydroxy Acids (BHA)

Sama-sama eksfoliator, AHA (asam glikolat, laktat) dan BHA (asam salisilat) bekerja dengan cara mengangkat lapisan kulit mati. 

Menggabungkannya dengan retinol, yang juga mempercepat regenerasi kulit, bisa membuat kulitmu tipis, kering, dan rentan iritasi.

Sebenarnya, AHA dan BHA bisa jadi teman baik retinol. Namun jangan sampai bertemu dalam satu waktu!

Sifat eksfoliasi ganda bisa membuat kulitmu kewalahan, berujung pada kemerahan, pengelupasan berlebihan, dan sensitivitas. Gunakan AHA/BHA pada malam hari bergantian dengan retinol. Pilih produk dengan persentase ringan.

2. Vitamin C

Keduanya memang sama-sama antioksidan, namun perbedaan pH membuat retinol dan vitamin C tidak cocok berdampingan.

BACA JUGA:Skincare Bisa Cegah Kanker Kulit, Ikuti Tips Berikut Ini!

Retinol bekerja optimal pada pH rendah. Sementara vitamin C menyukai pH asam. Mencampurnya bisa mengurangi efektivitas dan memicu ketidakstabilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: