3 Rekomendasi Air Terjun Paling Populer di Gunung Kidul Yogyakarta

3 Rekomendasi Air Terjun Paling Populer di Gunung Kidul Yogyakarta

Destinasi wisata Air terjun-Akun Instagram @balidriverandguide-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Gunung Kidul dikenal dengan banyaknya destinasi wisata yang selalu menyuguhkan keindahan panorama menakjubkan. Saat ini destinasi wisata Air Terjun menjadi perhatian para wisatawan jika berkunjung ke Gunung Kidul.

Air terjun menjadi populer karena pemandangannya yang indah banyak tershare di berbagai sosial media. Ada tiga wisata air terjun hits di Gunung Kidul, yang bisa kamu jadikan destinasi wisata pilihan saat berlibur, berikut diantaranya;

BACA JUGA:Dago Bakery Punclut, Nuansa Wisata Kuliner ALa Kerajaan di Bandung

1. Air Terjun Luweng Sampang


Air Terjun Luweng Sampang-Akun Instagram @rekomendasiwisatajogja-

Air Terjun Luweng Sampang merupakan salah-satu objek wisata air terjun yang berada di Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Air Terjun Luweng Sampang, dikenal sebagai air terjun musiman. Namun bukan berarti di musim  kemarau menjadi surut sama sekali, hanya saja debit airnya sangat sedikit.

Air Terjun Luweng Sampang berda di Jalan Juminahan, Dusun Mongkrong, Desa sampang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Air Terjun Luweng Sampang memiliki ketinggian sekitar 5 meter. Dan lokasi Air Terjun Luweng Sampang berada diantara dua tebing, menjadi sebuah pesona keindahan bagi orang yang melihatnya. Kolamnya cukup lebar, serta kedalamanya tergantung debit air Air Terjun Luweng Sampang. Lokasi kolam tersebut menjadi lokasi favorit pengunjung untuk mengabadikan momen kebahagiaan bersama orang tersayang.

BACA JUGA:Mengunjungi Candi Prambanan, Destinasi Wisata Sejarah Hindu Kuno di Sleman Yogyakarta

Pesona alam sekitarnya juga sangat menawan. Air yang mengalir melalui sela-sela batuan besar menjadi suguhan mata yang sangat menarik. Moment terindah di lokasi wisata Air Terjun Luweng Sampang saat menikmati secangkir kopi hangat di atas batu besar, sambil menghadap ke air terjun. Air Terjun Luweng Sampang diambil dari bahasa Jawa, kata Luweng berarti lubang, sedangkan sampang adalah lokasi keberadaan air terjun tersebut.

2. Air terjun Sri Gethuk 


Air Terjun Sri Gethuk-Akun Instagram @yogyakarta-

Air terjun Sri Gethuk terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Keindahan alam yang begitu mempesona tersaji di Air terjun Sri gethuk, terdiri dari aliran sungai, bebatuan, pepohonan, tumbuhan, dan tanaman air lainnya. 

Untuk menuju ke air terjun, wisatawan harus naik perahu karet ataupun gethek dan menyebrangi sungai sepanjang 450 meter. Air terjun Sri Gethuk mengalir dari atas sebuah tebing dengan ketinggian sekitar 50 meter. Aliran sungai tersebut terdiri dari 3 mata air, yaitu mata air ngandong, Dong Poh, dan Ngumbul dengan debit air rata – rata 30 sampai dengan 60 liter perdetik.

Besarnya debit air tidak pernah kering walaupun saat musim kemarau, membuat kawasan di sekitar air terjun diwarnai oleh hijaunya pepohonan serta persawahan. Air terjun Sri Gethuk juga sering di sebut Air terjun Slempret. Nama slempret diambil dari satu cerita mengenai keberadaan air terjun, yang sering terdengar bunyi seperti slompret alat musik tiup. Masyarakat sekitar mempunyai keyakinan bahwasannya air terjun tersebut merupakan tempatnya para jin, yang keberadaannya dipimpin oleh sorang jin bernama Jin Anggo Menduro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: