Benarkah Menyapu di Malam Hari Bisa Menghambat Rezeki?

Benarkah Menyapu  di Malam Hari Bisa Menghambat Rezeki?

Seperti diketahui ada beberapa mitos arti menyapu rumah saat malam hari yang masih diyakini masyarakat hingga sekarang--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Banyak mitos yang beredar di Indonesia. Salah satu mitos tersebut adalah mitos dilarang menyapu pada malam hari. mitos ini masih banyak dipercayai oleh masyarakat Indonesia khususnya jawa hingga sekarang.

BACA JUGA:Kembangkan Potensi Desa, Perusahaan Tambang Beri Pelatihan Pada Perangkat Desa di Bengkulu Tengah

Menyapu di malam hari dipercaya dapat membuat rezeki seret atau kesulitan saat mencari rezeki. Bagi siapapun yang melanggar mitor ini dipecaya akan mendapat kesialan khususnya dalam hal rezeki. Ada juga orang tua jaman dulu yang mengatakan bahwa menyapu pada malam hari sama saja Anda sedang membuang-buang rezeki.

BACA JUGA:Jangan Takut Gemoy, Ini 6 Manfaat Makan Malam dan Tipsnya

Karena menurut orang tua jaman dulu kotoran yang sedang dibersihkan merupakan perlambang dari rezeki yang selama ini diperoleh. Oleh sebabnya jika disapu maka sama saja Anda sedang membuang rezeki yang selama ini Anda kumpulkan.

Tak hanya itu, mitos ini juga sering kali dihubungkan dengan mahkluk halus atau hantu. Karena pada malam hari sebenarnya banyak sekali mahkluk halus yang sedang bergentanyangan. Namun dengan menyapu pada malam hari sama saja Anda sedang menggangu makhluk halus tersebut dengan tidak sengaja mengenai tubuh hantu tersebut. Jika ini terjadi hantu tadi akan marah dan berusaha mengundang kesialan untuk pelakunya.

BACA JUGA:Agar Cepat Hafal dan Memiliki Daya Ingat Tinggi, Rutinkan Membaca 3 Doa Berikut

Sebenarnya ada penjelasan yang logis mengenai mitos dilarang menyapu pada malam hari. Karena pada malam hari maka keadaannya gelap, oleh karena itu akan menganggu penglihatan Anda. Ini disebabkan pada jaman dahulu belom banyak penerangan yang tersebar di sekitar rumah.

Oleh karena itu jika menyapu dilakukan pada malam hari maka Anda tidak dapat melihat dengan jelas mana bagian yang memang kotor dan mana bagian yang bersih. Bisa-bisa Anda malah mengotori semua bagian karena tidak kelihatan.

BACA JUGA:Agar Mendapatkan Jodoh yang Baik, Amalkan 5 Doa Berikut

Meski sebenarnya di jaman modern ini sudah banyak penerangan, namun ada baiknya menyapu tidak dilakukan pada malam hari. Karena bisa saja hal itu menganggu tetangga Anda yang sedang istirahat.

Di dalam Islam sendiri bahkan terdapat hadits yang memerintahkan untuk membersihkan rumah. Karena seperti kita tahu kebersihan adalah salah satu ciri orang mukmin, dan meninggalkannya adalah salah satu ciri orang Yahudi.

BACA JUGA:Senam Wajah Untuk Kulit Kencang Dan Awet Muda, Begini Caranya

“Nabi SAW mengatakan, Allah itu baik dan mencintai kebaikan, bersih dan mencintai kedermawanan, murah hati dan mencintai kedemawanan, jadi bersihkan halamanmu, dan jangan seperti orang Yahudi,” tegasnya.

Maka dari itu tidak ada larangan menyapu rumah saat malam hari. Tidak ada larangan dalam Islam juga untuk melakukan kegiatan atau pekerjaan rumah tangga kapan saja, siang atau malam yang dilarang hukum syariat.

Seperti diketahui ada beberapa mitos arti menyapu rumah saat malam hari yang masih diyakini masyarakat hingga sekarang.Beberapa diantaranya memiliki arti menyapu rumah saat malam hari menimbulkan bunyi-bunyi yang diyakini dapat mengundang makhlus halus, selain itu dipercaya mempersulit mencari rezeki.

BACA JUGA:Miliki Wajah Glowing, Inilah Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Wajah

Menurut kepercaaan orang tua di Jawa, kotoran atau debut yang berada di rumah pada malam hari jangan disapu, karena ini menandakan lambang rezeki yang diperoleh sepanjang hari. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: