Cara Menonaktifkan Gopay Paylater, Tips Terbebas Dari Ketergantungan Paylater

Cara Menonaktifkan Gopay Paylater, Tips Terbebas Dari Ketergantungan Paylater

IST/BE Cara menonaktifkan Gopay Paylater, tips terhindar dari ketergantungan paylater --

BENGKULUEKSPRESS.COM - GoPay Paylater adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu dan membayar nanti pada tanggal yang ditentukan. Namun, ada kalanya Anda ingin menonaktifkan fitur ini karena alasan pribadi atau keuangan.

Namun, perlu diingat bahwa Anda tetap harus melunasi utang atau cicilan GoPay Paylater yang Anda miliki terlebih dahulu sebelum tidak menggunakannya kembali. Pastikan tagihan tersebut sudah lunas agar Anda bisa lebih tenang. 

Mungkin bagi beberapa orang, sistem paylater memang cukup berguna dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, sistem tersebut juga memiliki efek negatif yakni ketergantungan bagi beberapa orang, sehingga mereka kesulitan untuk mengatur keuangan mereka. Terlebih, sifat ketergantungan tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan untuk berutang. 

BACA JUGA:Karena Tidak Tahu, Pengguna Keluhkan Denda Gopaylater Yang Dirasa Memberatkan

Maka dari itu, penggunaan paylater sendiri harus didasarkan pada kebutuhan yang benar-benar penting dan kemampuan untuk membayar tagihannya dalam waktu tertentu. Perlu diingat bahwa sistem paylater biasanya memiliki biaya tambahan yang perlu Anda perhatikan. 

BACA JUGA:Manakah Tempat Cicilan Terbaik Untuk Belanja Menurut Kamu, Pilih Gopaylater Cicil atau Shopee Paylater?

Tips Terbebas dari Paylater

Meskipun bisa memberikan kemudahan dalam bertransaksi, penggunaan paylater juga perlu diatur dengan bijak agar tidak membawa dampak buruk bagi keuangan Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk terbebas dari paylater dan menjaga keuangan Anda tetap sehat:

1. Buat Anggaran dan Rencanakan Pengeluaran

Langkah pertama dalam menghindari paylater adalah dengan membuat anggaran dan merencanakan pengeluaran Anda. Tetapkan alokasi dana untuk berbagai kategori, seperti makanan, transportasi, hiburan, dan lainnya. Dengan merencanakan pengeluaran, Anda akan lebih mudah mengontrol keuangan Anda dan menghindari penggunaan layanan paylater yang tidak perlu.

BACA JUGA:8 Penyebab Pengajuan Pinjaman di Gopay Pinjam di Tolak, Begini Cara Mengatasinya

2. Bayar Tunai atau Gunakan Kartu Debit

Jika memungkinkan, usahakan untuk membayar transaksi secara tunai atau menggunakan kartu debit daripada menggunakan paylater. Dengan membayar langsung menggunakan dana yang Anda miliki, Anda dapat menghindari terjebak dalam utang paylater yang harus dibayar di masa mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: