Jangan Anggap Remeh! Merokok Sangat Berbahaya bagi Kesehatan

Jangan Anggap Remeh! Merokok Sangat Berbahaya bagi Kesehatan

Jika seseorang telah kecanduan nikotin, ia akan kecanduan dan sulit menghentikan kebiasaan ini.--

BACA JUGA:Misteri Kampung Siluman Pulo Majeti Kota Banjar yang Misterius

5. Gangguan psikologis
Rokok ternyata tak hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh, tetapi juga kesehatan mental seseorang. Beberapa gangguan psikologis yang dialami oleh seorang perokok adalah munculnya gangguan seperti cemas, susah tidur, dan depresi. Hal tersebut disebabkan adanya zat adiktif pada rokok. Zat tersebutlah yang membuat seorang perokok sulit untuk berhenti merokok secara tiba-tiba.

Bahaya merokok bagi kesehatan wanita
Selain bahaya rokok secara umum tadi, tahukah kamu bahwa rokok sendiri memiliki dampak secara spesifik sangat berbahaya bagi kesehatan wanita? Berikut beberapa bahaya kesehatan terjadi pada wanita akibat merokok:

BACA JUGA:Perusahaan Jepang Gunakan Teknologi AI Evaluasi Penilaian Daging Wagyu

6. Kanker payudara
Risiko kanker yang dapat dialami wanita perokok adalah kanker payudara. Bahkan, bukan hanya pada perokok aktif, tetapi juga perokok pasif. Berdasarkan penelitian, wanita yang merokok ternyata memiliki 24% peluang lebih tinggi mengidap kanker payudara. Semakin lama wanita merokok, semakin tinggi pula risiko terkena penyakit ini.

7. Menopause lebih cepat
Wanita perokok ternyata dapat mengalami menopause lebih cepat. Faktanya, menurut studi, wanita yang merokok akan mengalami menopause empat tahun lebih cepat dibanding wanita yang tidak merokok. Hal itu terjadi karena kandungan nikotin dan karbon monoksida pada rokok yang dapat mempercepat terjadinya kematian sel telur. Sehingga, menopause dini terjadi.

8. Gangguan menstruasi
Dibanding dengan wanita yang tidak merokok, wanita perokok cenderung mengalami gejala PMS atau premenstrual syndrome yang lebih berat.Bukan hanya itu, dismenore atau kram perut saat menstruasi pun akan lebih parah dan durasinya lebih panjang.

BACA JUGA:Ingin Meluluhkan Hati Seseorang, Amalkan Doa Berikut Ini

9. Komplikasi saat kehamilan
Wanita yang kecanduan rokok dan tetap merokok saat hamil akan mengalami berbagai komplikasi di tengah kehamilannya.Masalah-masalah tersebut bisa saja seperti pecah ketuban dini, kelahiran prematur, plasenta yang lepas dari rahim bahkan sebelum waktunya, bahkan yang paling mengerikan adalah cacat janin dan kematian janin.

Nah, itu tadi bahaya merokok bagi kesehatan. Intinya, kebiasaan merokok dapat mengurangi kualitas hidup kita. Untuk itu, hindari merokok dan jika kamu sudah menjadi perokok, cobalah menghentikan kebiasaan merokok tersebut. Kamu bisa hubungi dokter untuk mendapatkan bantuan yang tepat.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: