10 Rekomendasi Wisata Kuliner Khas Kalimantan Timur

10 Rekomendasi Wisata Kuliner Khas Kalimantan Timur

Salah Satu Makanan Khas Kalimantan Timur Nasi Bekepor-Akun Instagram @guaming_mart-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Provinsi Kalimantan Timur terkenal semenjak adanya pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah guna menjadikannya sebagai ibukota negara yang baru.

Hal tersebut membuat Kalimantan Timur menjadi perbincangan masyarakat Indonesia. Banyak yang penasaran dengan provinsi yang satu ini, termasuk wisata kuliner yang bisa dikunjungi.

Kamu yang penasaran seperti apa makanan khas Kalimantan Timur, ada beberapa rekomendasi kuliner khas yang akan membuat kamu mau lagi dan lagi.

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Getuk, jajanan Tradional Khas Jawa Tengah Yang Mulai Tergerus Zaman.

Berikut beberapa rekomendasi kuliner khas kalimantan Timur yang bisa kamu, diantaranya;

1. Gangan Manok


Gangan Manok-Akun Instagram @yuliaprattiwi-

Gangan manok berasal dari Balikpapan sehingga sering juga disebut gangan manok Balikpapan. Gangan dalam bahasa daerah setempat berarti ‘sayur’ dan ‘manok’ berarti ayam.Gangan Manok merupakan kuliner wajib yang harus dicoba saat berada di wilayah Kutai Timur. Gangan dalam bahasa asalnya berarti sayur, dan manok berarti ayam. Lebih tepatnya merupakan olahan sayuran bayam dicampur oyong kaya serat dan bola daging dari tepung adonan maizena. Rasanya gurih dan segar. Tidak heran dijuluki sebagai baksonya Kalimantan Timur. Bahkan, dapat dinikmati dengan saus atau sambal sesuai selera seperti mencicipi bakso pada umumnya. Hanya saja bakso gangan manok ini lebih lembut daripada bakso daging sapi.

2. Sayur Gangan Asam Kutai


Sayur Ganngan Asam Kutai -Akun Instagram @lina_wijaya-

Sayur Gangan Asam Kutai menggunakan bahan dasar ikan tawar yang mudah ditemukan di sungai besar. Dihidangkan dengan beberapa potong pisang dan umbi-umbian. Jauh berbeda dengan sayur asam jawa yang lebih populer, namun soal rasa jangan diremehkan. Rasanya asam, namun unik. Berasal dari campuran jeruk nipis dan terong Dayak sehingga menghasilkan cita rasa asam amat segar.

BACA JUGA:Nasi Tiwul, Wisata Kuliner Khas Wonogiri Memiliki Tekstur dan Cita Rasa yang Unik

3. Nasi Bekepor


Nasi Bekepor -Akun Instagram @waroengcobeksumoreang -

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: