Boros Saat Belanja, 10 Tips Agar Bijak Belanja Saat Natal dan Tahun Baru

Boros Saat Belanja, 10 Tips Agar Bijak Belanja Saat Natal dan Tahun Baru

Ilustrasi-freepik.com-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Hari Natal dan Tahun Baru semakin dekat, persiapan apa yang sudah kamu lakukan? Berbelanja saat natal pasti akan menguras uang dan tabungan Anda mengingat bakal banyak diskon.

Sebaiknya kamu harus mengontrol dirimu supaya lebih bijak dalam berbelanja menjelang Natal dan Tahun Baru. Untuk kamu yang sedang mempersiapkan acara Natal, yuk ikuti tips belanja hemat saat Natal berikut ini dijamin anti bikin kantong tipis.


Ilustrasi-freepik.com-

1. Tetapkan Anggaran dan Daftar Belanja

Membuat anggaran dan daftar belanja akan memudahkan anda untuk mendapatkan semua barang yang Anda butuhkan tetapi tidak melebihi dana yang sudah dianggarkan. Selain itu anda tidak akan lupa untuk membeli barang yang sudah ada di daftar belanja.

2. Bedakan Keinginan dan Kebutuhan

Cara belanja hemat saat Natal berikutnya adalah bedakan antara keinginan dan kebutuhan. Apa yang anda inginkan dan apa yang anda butuhkan merupakan dua hal yang berbeda. Sebelum membeli sebuah barang, pikir lagi apakah anda benar-benar membutuhkan barang tersebut atau hanya menginginkannya.

BACA JUGA:Detoks Wajah Dari Kandungan Merkuri, Berikut Caranya

Memangnya ada hubungan antara keinginan dan kebutuhan dalam pengeluaran yang berantakan? Ingat peribahasa besar pasak daripada tiang? Jangan sampai hal ini terjadi pada keuangan pribadi anda. Jangan sampai anda menyesali apa yang telah Anda beli, jadi berhati-hatilah dalam memilah mana kebutuhan dan keinginan anda.

3. Prioritaskan Daftar Hadiah yang Harus Dibeli

Acara tukar kado sudah menjadi tradisi di setiap pesta natal, bahkan bisa ada beberapa acara tukar kado yang mungkin akan anda hadiri. Sebelum berbelanja keperluan Natal untuk diri sendiri, utamakan untuk membeli barang-barang yang akan dibungkus sebagai kado terlebih dahulu. Pastikan Anda juga membuat daftar orang-orang yang hendak diberikan kado.


Ilustrasi-freepik.com-

4. Cari Toko Offline dan Online yang Memberi Diskon

Menjelang natal toko-toko akan memberi diskon khusus, anda bisa melakukan survei melalui toko online dan offline untuk memilih diskon terbanyak. Ada aplikasi online yang memberikan diskon-diskon khusus untuk berbelanja, mungkin Anda bisa mencobanya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: